Lihat ke Halaman Asli

agus siswanto

tak mungkin berlabuh jika dayung tak terkayuh.

Menakar Peluang Timnas Indonesia dalam Kualifikasi Piala Asia U-17 2025

Diperbarui: 13 Juni 2024   20:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Timnas Indonesia U-16 yang dipersiapkan untuk Piala Asia U-17 2025 (Sumber gambar: pssi.org)

Hari ini, Kamis (13/6/2024) AFC melakukan drawing Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Kegiatan ini dilakukan di markasnya, Kuala Lumpur. Menurut kalender AFC, laga kualifikasi ini akan digelar pada 23 Oktober 2024.

Kabar buruk diterima anak asuh Nova Arianto berkaitan dengan drawing ini. dilansir dari akun Instagram @theaseanfootball, Indonesia berada di grup D yang akan berlaga di Kuwait. Adapun lawan yang akan dihadapi Indonesia adalah Kuwait sebagai tuan rumah, Australia, dan Kepulauan Mariana Utara.

Melihat lawan yang ada di grup D, hanya Kepulauan Mariana Utara saja yang boleh dikatakan lemah. Dua lawan yang lain dapat dipastikan akan menjadi sandungan kuat bagi anak asuh Nova Arianto.

Regulasi yang diatur dalam babak kualifikasi ini adalah menempatkan juara grup sebagai tim yang akan melaju ke babak final, sebanyak 10 tim. Sedangkan yang 5 diambil dari 5 runner-up terbaik.

Secara matematis peluang yang dimiliki Indonesia cukup berat. Kuwait yang berposisi sebagai tuan rumah jelas tidak mau menanggung malu. Sementara, Australia sendiri adalah kekuatan Asia yang sudah terbukti.

Dari Gambaran ini, maka satu-satunya peluang lolos Indonesia hanyalah meraih sebagai runner-up terbaik. Sebab untuk menjuarai grup jelas sangat berat.

Skenario yang harus dijalani adalah minimal meraih 1 kemenangan dan 1 hasil seri. Kemenangan bisa diharap dari Kepulauan Mariana Utara, sementara hasil seri dapat diambil dari Australia ataupun Kuwait.

Selain itu, Indonesia juga harus mencoba meraih selisih gol yang bagus. Hal ini semata-mata untuk antisipasi jika terjadi nilai yang sama.

Scenario inilah yang paling logis diambil oleh Nova Arianto. Karena kekuatan Kuwait dan Australia jelas di atas Indonesia.

Sebelum terjun ke ajang Kualifikasi Piala Asia U-17 2025, timnas Indonesia U-16 akan menjalani laga Piala AFF U-16 2024 yang akan digelar pada 21 Juni 2024. Ajang ini bisa dijadikan ajang untuk mengasah kuku timnas Indonesia U-16.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline