Lihat ke Halaman Asli

agus siswanto

tak mungkin berlabuh jika dayung tak terkayuh.

Menagih Janji PBSI akan Prestasi Maksimal dalam Ajang Indonesia Open 2024

Diperbarui: 8 Juni 2024   09:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Permainan impresif Bagas/Fikri belum mampu membawanya ke babak semifinal Indonesia Open 2024 (Sumber gambar: instagram.com/@badminton.ina)

Kekalahan Bagas/Fikri dalam pertarungan sengit menghadapi pebulu tangkis senior, Kim Asturp/Rasmussen menutup peluang PBSI untuk raih gelar di ajang Indonesia Open 2024. Meski ada 3 wakil PBSI ditambah 1 wakil non-pelatnas, 3 wakil PBSI gagal raih tiket semifinal.

Miris? Yah, sangat miris di ajang besar di mana Indonesia menjadi tuan rumah, praktis tidak ada wakil Indonesia di babak semifinal. Tanpa mengecilkan arti Sabar Karyaman/Reza Pahlevi yang sukses tembus babak semifinal, catatan ini diberikan pada PBSI.

Sebagai salah satu raksasa bulutangkis dunia, ha lini terasa bagai sebuah kiamat kecil. Bayangkan dalam 4 ajang yang digelar BWF setelah Thomas dan Uber Cup 2024, tidak ada satu pun gelar diraih PBSI dalam level senior.

Memang sebelum ini PBSI sempat unjuk dada. Raihan 2 gelar di ajang All England 2024 jadi prestasi. Apalagi di nomor tunggal putra terjadi All-Indonesian Finals. Demikian pula 2 medali perak di ajang Thomas dan Uber Cup 2024 pun patut dibanggakan.

Namun perjalanan bulutangkis Indonesia tidak berhenti di situ. Masih banyak ajang yang harus dimenangkan untuk mempertegas hegemoni Indonesia dalam bulutangkis dunia.

Hingga gelaran Thomas dan Uber Cup 2024, public sebenarnya sempat lega. Pasalnya, 7 gelar telah mampu dikoleksi. Sebuah awal yang bagus.

Namun di 3 ajang berikutnya, mulai dari Thailand Open, Malaysia Masters, dan Singapore Open 2024, Indonesia tanpa gelar sama sekali. PBSI mungkin berkilah, yang dikirim adalah pemain pelapis.

Tapi, negara lain juga kirim pelapis. Bahkan di Thailand Open 2024 gelar Tunggal putri di tangan Supanida Katethong, atlita yang belum jelas prestasinya. Jorji yang diandalkan, gagal raih kesempatan itu.

Demikian pula saat Singapore Open 2024. Beberapa pemain utama yang diturunkan sebagai pemanasan Indonesia Open 2024, pun melempem. Ginting, Jojo, Fajar/Rian yang selama ini disimpan, tidak dapat berbuat banyak.

Puncaknya di Indonesia Open 2024, ketiga andalah Indonesia ini tersingkir di babak awal. Para Yunior yang maju pun akhirnya harus mengakui keunggulan lawan-lawannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline