Lihat ke Halaman Asli

agus siswanto

tak mungkin berlabuh jika dayung tak terkayuh.

Misteri di Balik Permintaan Shin Tae-yong Memajukan Kick-off Timnas Indonesia vs Irak

Diperbarui: 20 Mei 2024   19:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Shin Tae-yong selalu mempunyai sejuta akal terhadap lawannya (Sumber gambar: pssi.org)

Enggak ada hujan enggak ada angin, laga Kualifikasi timnas Indonesia lawan Irak pada 6 Juni nanti tetiba diajukan kick-off-nya. Jika sebelumnya dilakukan pukul 19.00 WIB, diajukan menjadi 16.00 WIB. Menurut PSSI usulan pemajuan jadwal ini diminta oleh Shin Tae-yong.

Sementara alasan mengenai kenapa harus diajukan, masih belum ada penjelasan resmi. Padahal secara logika jika pertandingan diajukan pada pukul 16.00, kesulitan akan menimpa para pemain timnas Indonesia yang bermain di Eropa.

Pada laga sebelumnya Nathan Tjoe-A-On and Tom Haye mengeluhkan kondisi ini. keduanya mengaku kekurangan oksigen di GBK. Maka jika benar diajukan, bukankah justru merugikan anak asuh Shin Tae-yong sendiri.

Di tengah berbagai spekulasi alasan di balik pengajuan jadwal kick-off ini, justru Analisa media Vietnam yang memberikan jawaban. Entah benar atau tidak, apa yang mereka kemukakan sangat masuk akal.

"Sangat dimengerti bahwa pelatih Shin Tae-yong punya alasan untuk mempermainkan rekan senegaranya Kim Sang-sik di hari Ia debut untuk tim nasional Vietnam," tulis soha.vn, Senin (20/5/2024).

Dalam penjelasannya, seharusnya laga Indonesia lawan Irak di grup F, bersamaan dengan laga Vietnam lawan Filipina pada pukul 19.00 WIB. Sementara itu, Vietnam meski sedikit masih punya celah peluang lolos ke putaran ketiga, dengan catatan mampu mengalahkan Filipina.

Namun dengan mengajukan jadwal kick-off-nya, Shin Tae-yong punya agenda tersembunyi terhadap Vietnam. Shin Tae-yong dengan skuad terbaiknya, tampak yakin mampu mengalahkan Irak.

Dan jika hal ini terjadi, saat Indonesia menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan, maka kemenangan Vietnam atas Filipina dengan skor berapa pun tidak ada gunanya. Sebab dengan nilai 10, Indonesia tidak akan terkejar lagi.

Kemenangan Indonesia yang terjadi sebelum Vietnam menghadapai Filipina diyakini akan menjadi pukulan telak buat Vietnam dan para ofisial, termasuk Kim Sang-sik sang pelatih.

Dugaan ini yang menjadi Analisa media Vietnam. Shin Tae-yong mempunyai rencana tersembunyi untuk menghancurkan mental para pemain Vietnam dan pelatihnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline