Lihat ke Halaman Asli

agus siswanto

tak mungkin berlabuh jika dayung tak terkayuh.

Shin Tae-yong Taklukkan Vietnam dengan Adopsi Gaya Permainan Mereka

Diperbarui: 20 Januari 2024   13:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Para pemain timnas Indonesia tampilkan permainan keras saat hadapi Vietnam di Piala Asia 2023 (Sumber gambar: pssi.org)

Pertandingan semalam, Jumat (19/1) antara timnas Indonesia melawan Vietnam pasti akan menjadi momen tak terlupakan bagi Masyarakat Indonesia. Sebab di momen yang begitu besar, disaksikan jutaan pasang mata, Indonesia menaklukkan Vietnam sang rival bebuyutan.

Shin Tae-yong pun patut mengambil napas lega. Sebab kemenangan ini memutus rangkaian kegagalan mengalahkan Vietnam selama ini. Bahkan ketika belum berlaga, tidak ada satu pun media yang mengunggulkan Indonesia.

Benar juga kata Shin Tae-yong, datang sebagai underdog justru sangat menguntungkan. Sebab ketika mendapat kekalahan, menjadi hal wajar. Namun  saat meraih kemenangan menjadi sesuatu yang luar biasa.

Kecerdikan Memilih Strategi

Jika mengamati apa yang dipertontonkan timnas Indonesia tadi malam, jelas tampak sebuah perbedaan mencolok. Timnas Indonesia tidak tampil inferior seperti selama ini. Mereka justru menggebrak sejak awal pertandingan.

Di babak pertama boleh dibilang Vietnam dipaksa sibuk dengan garis pertahanannya. Tekanan bergelombang yang dilakukan, membuat barisan pertahanan sibuk menutup kebocoran. Otomatis lini depan pun tidak mampu berbuat apa-apa.

Satu hal yang terlihat dalam pertandingan semalam adalah permainan keras yang diperagakan Indonesia. Para pemain berani duel di semua lini dengan pemain Vietnam. Demikian pula di barisan pertahanan.

Sandy Walsh, Jodi Amat, maupun Justin Hubner benar-benar sulit dilewati. Permainan lugas mereka membuat setiap Upaya menerebos pertahanan selalu menemui jalan buntu. Ketiga pemain naturalisasi ini menutup dengan cara apa pun.

Keunggulan postur para pemain Indonesia menjadi penyebabnya. Kekarnya dan menjulangnya para pemain, membuat para pemain Vietnam terpental saat harus melakukan duel

Resikonya, beberepa pelanggaran pun terjadi. Sehingga jika biasanya Vietnam yang paling banyak melakukan pelanggaran, kali ini justru Indonesia. Namun karena hal itulah gerak laju para pemain Vietnam terhambat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline