Lihat ke Halaman Asli

agus siswanto

tak mungkin berlabuh jika dayung tak terkayuh.

Timnas Jepang Hajar Thailand 5-0, Sinyal Keras bagi Indonesia

Diperbarui: 1 Januari 2024   21:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Timnas Jepang calon lawan Indonesia hajar Thailand 5-0 (sumber: jfa.jp)

Melihat kiprah timnas Jepang hari ini, benar-benar menunjukkan mereka memang Raja Asia. Dalam laga uji coba di Stadion Nasional Tokyo, Senin (1/1), mereka menunjukkan kekuatannya. Thailand, raja sepak bola Asia Tenggara dibuat tidak berdaya dengan gelontoran 5 gol.

Bagi Thailand sendiri, menantang Jepang dalam laga uji coba adalah sebuah langkah yang berani. Pasalnya, pasukan Thailand dalam kondisi tidak ideal. Keberadaan Matasada Ishii sebagai pelatih pengganti Mano Polking belum menyatu dengan tim.

Kedua, skuat yang tampil kali ini bukan skuat terbaik. Banyak pemain hebat yang justru belum dilepas oleh klub. Hal inilah yang memusingkan Ishii.

Namun mengingat Piala Asia 2023 tinggal beberapa hari lagi, langkah ini harus diambil. Ishii dengan penuh percaya diri membawa anak asuhnya ke Tokyo untuk jalani laga uji coba.

Bagi Jepang meladeni Thailand adalah sebagian dari cara mereka mencari referensi tentang sepak bola Asia Tenggara. Seperti diketahui, Jepang akan satu grup dengan Vietnam dan Indonesia dalam babak final Piala Asia 2023.

Meskipun Jepang adalah Raja Asia dalam urusan sepak bola, referensi itu tetap dibutuhkan. Dan mereka mendapatkannya lewat Thailand.

Begitu laga uji coba digelar, tanpa ampun Jepang membuat skuat Thailand tidak mampu bergerak. Gelombang serangan pasukan Samurai Biru, membuat pasukan Thailand hanya sibuk bertahan, tanpa bisa melakukan serangan balik. Namun babak pertama berakhir tanpa gol.

Pada babak kedua, ngerinya pasukan Samurai Biru terlihat nyata. Pada babak ini, 4 gol mereka gelontorkan ke gawang Thailand. Melengkapi kemenangan Jepang menjadi 5-0 adalah gol bunuh diri Elias Dolah.

Gol-gol Jepang dilesakkan oleh Ao Tanaka menit ke-50, Nakamura menit ke-72, Kawamura menit ke-82, dan Minamino pada menit ke-90. Satu gol lagi adalah gol bunuh diri pada menit ke-74.

Sementara Thailand sendiri tidak mampu berbuat apa-apa. Kekalahan ini menjadi pukulan telak Ishii dalam menghadapi Piala Asia 2023. Dalam waktu tidak sampai setengah bulan, dia harus benahi skuat Thailand agar layak tampil di Piala Asia 2023.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline