Lihat ke Halaman Asli

agus siswanto

tak mungkin berlabuh jika dayung tak terkayuh.

Rekomendasi 3 Wisata Gunung di Magelang

Diperbarui: 6 Maret 2022   14:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemandangan indah di Nepal van Java, Desa Butuh, Kecamatan Kaliangkrik, Magelang. (sumber gambar:visitmagelang.id)

Berkunjung ke Magelang, rasanya belum lengkap jika belum menikmati indahnya wisata gunung yang ada di wilayah ini. Seperti telah diketahui semua orang, kota kecil yang merupakan basis pendidikan militer di Indonesia, memang berpagar gunung. Sehingga Magelang tak ubahnya sebuah mangkok, yaitu sebuah lembah subur yang dikelilingi gunung-gunung.

Ungkapan ini sebenarnya sudah muncul sejak zaman kerajaan-kerajaan dahulu. Dalam prasasti Canggal angka tahun 732 M, telah mengatakan hal ini. Fakta yang ada di lapangan, memang begitu adanya. 

Lihat saja, di bagian timur Magelang yang berbatasan dengan kota Boyolali, berbaris rapi 4 buah gunung. Gunung-gunung itu adalah Gunung Merapi, Merbabu, Andong, dan Telomoyo.

Sedangkan di sisi barat, yang berbatasan dengan wilayah Wonosobo berjejer dengan anggun 2 gunung, Sumbing dan Sindoro. Memanjang dari barat hingga ke selatan, pegunungan Menoreh yang membatasi Magelang dengan Kulon Progo dan Purworejo. Sementara di sisi utara, Pegunungan Ungaran.

Melihat kontur wilayah seperti ini, maka tidak heran jika wisata gunung di Magelang patut untuk dicoba. Udara sejuk kota ini membantu kita untuk segar sepulang ke kota masing-masing. Beberapa wisata gunung yang perlu dicoba, di antaranya:

Nepal van Java

Obyek wisata yang berada di punggung Gunung Sumbing ini terletak di Dusun Butuh, Kecamatan Kaliangkrik ini, mulanya biasa saja. Bagi orang-orang Magelang tidak menarik, karena dianggap sebagai sesuatu yang wajar.

Susunan rumah yang seakan berjajar di sepanjang punggung gunung bukanlah hal yang aneh. Kondisilah yang mengharuskan mereka membuat rumah seperti itu.

Namun semua berubah saat pada tahun 2019 seorang pendaki gunung memviralkan foto rumah-rumah tersebut ke media social. Sebutan Nepal van Java, meniru negara Nepal yang ada di Pegunungan Himalaya ditempelkan pada foto tersebut.

Berdasar dari gambar itu, orang-orang pun berbondong-bondong mengunjunginya. Mereka penasaran dengan apa yang mereka lihat di media social.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline