Lihat ke Halaman Asli

Agus Riyanto

Agus Riyanto

Rencana dalam Berkarier

Diperbarui: 6 Desember 2020   19:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

       Pada dasarnya semua mempunyai tujuan dan rencana dalam berkarir, rencana menjadi kan sebab utama dalam menentukan karir nya . menurut Henry Simamora .karir merupakan urutan aktivitas aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan dan perilaku, nilai nilai dan aspirasi seseorang selama rentang hidup orang tersebut. Jadi merencanakan karir itu harus memiliki aspirasi baik dari kehidupan Atau pekerjaan ataupun dari sebuah mimpi .

       Aspirasi dari mimpi itu menjadi sebuah rencana dalam menentukan karir , karena ketika kita bermimpi atau berkeinginan pasti ada hal atau cara untuk kita lakukan . selain mimpi juga aspirasi atau motivasi dari seseorang itu menjadi salah satu bagian dari merencanakan karir karena itu mendorong kita untuk bisa merencanakan karir dimasa yang akan datang .

         Merencanakan karir perlu perjuangan dan tantangan, karena merencanakan adalah hal yang harus bisa menyeimbangkan antara mental dan keahlian . mental dalam berkarir sangat lah diuji karena ketika nanti kita sudah berkarir pasti ada suatu tantangan dan rintangan, tantangan dan rintangan tersebut perlu kita hadapi ,karena itu menjadi kan sebab untuk bisa menambah kan suatu ke ahlian dalam diri kita sendiri . keahlian perlu kita tekuni dan perlu kita tingkatkan kualitas nya, supaya keahlian yang ada dalam diri bisa berkembang dan menjadi bagian penting dalam diri kita sendiri.

        Ketika kita merencanakan karir pasti dalam diri akan bertanya tanya , apakah saya sanggup berkarir dalam bidang ini? Apakah saya sudah pantas ? Apakah saya punya keahlian dalam bidang ini? .nah itu semua pasti akan ada dalam pikiran kita , namun kita harus yakin ketika kita sudah mempunyai rencana baik dalam berkarir ataupun yang lainnya pasti ada jalan terbaik untuk kita dapat kan. 

        Pertanyaan pertanyaan yang sering muncul dalam pikiran kita ketika itu baik untuk kedepannya maka lakukan lah dan ketika itu hal untuk menjatuhkan kita maka hapus lah , karena semua itu harus memulai dari perencanaan supaya kita tidak ngedown ketika kita dihadapi dengan kegagalan, karena merencanakan adalah sebuah uji coba dalam hal yang kita akan lakukan .

        Tujuan merencanakan karir menurut " Merdeka .com" ialah rencana matang bagaimana anda akan melangkah dengan menyusun rencana yang jelas , dan merupakan sebuah bekal bahwa anda telah siap memasuki dunia pekerjaan. Jadi tujuan kita merencanakan karir supaya kita sudah mempunyai bekal untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan , dan ketika kita sudah mempunyai rencana pasti kita tidak akan melakukan dengan berbagai hal cara dan Setiap kali kita merencanakan pasti kita mempunyai atau melihat langkah langkah yang harus kita lakukan dalam merencanakan karir , menurut "Cermati .com"  ada langkah  langkah dalam merencanakan karir diantaranya .

* Menyusun visi di mulai dari sekarang yang bisa berawal dari mimpi
Jadi merencanakan karir bisa dari mimpi contoh nya kita ingin jadi apa dan pekerjaan kita ingin seperti gimana,nah itu pasti berawal dari mimpi
* Mulai mengenal diri jangan fokus pada kelemahan, pacu terus kekuatan kita
* Review pencapaian masa lalu pacu bidang yang sudah berhasil, jangan fokus pada kegagalan
* Fokus dan tingkatkan terus keterampilan yang di kuasai
* Cermati membaca tren dan peluang karir dimasa depan
* Jalankan rencana karir yang sudah dibuat dengan disiplin dan tanggung jawab

       Ini diantara langkah langkah yang bisa dilakukan oleh kita untuk merencanakan karir , karena semua harus di mulai dari rencana jika rencana kita baik dan di lakukan dengan penuh tanggung jawab ,,maka ini akan menjadi kan bekal atau wawasan kita untuk terjun di dunia kerja namun jika rencana nya kita tidak dilakukan dengan sungguh sungguh maka itu tidak akan berhasil. Semua perlu pengorbanan dari sekarang karena ketika kita mempunyai keinginan pasti kita perlu bekerja keras dan pantang menyerah.

      Jadi intnya kita perlu perencanaan untuk semua hal supaya apa yang kita inginkan berjalan sesuai dengan harapan kita, dan perencanaan juga bisa mengasah kemampuan kita baik dalam pengetahuan ataupun dalam skill karena semua perlu pembiasaan supaya nanti terbiasa. Untuk itu mari kita buat perencanaan baik karir ataupun yang lain supaya apa yang kita inginkan bisa terlaksana dan apa yang kita cita cita kan dapat terwujud.

  Ditulis oleh Agus Riyanto

Mahasiswa STIE stembi Bandung business school

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline