Kegiatan penilaian kemampuan membaca untuk siswa kelas 3 adalah kegiatan yang berlaur dan sistematis. Program ini lebih dikenal dengan nama EGRA (Early Grade Reading Asessment).
Alur dan sistematis ini sangat penting untuk dilaksanakan terkait dengan data yang nantinya menjadi anlisis tersendiri. Alur ini kegiatannya pun cenderung kaku bagi orang yang kali pertama melaksanakan atau mengetahui program EGRA ini, namun disisi lain alur tersebut setidaknya sudah termuat dalam manual EGRA.
[caption id="attachment_383243" align="aligncenter" width="300" caption="alur egra"][/caption]
Sampling
Alur ini akan memilih 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan serta 4 siswa sebagai cadangan ( 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan). Kondisi ini memastikan jumlah siswa yang akan mengikuti EGRA total adalah 24 siswa. Bagaimana dengan kelas yang jumlah siswanya tidak 24? atau bagaimana jika siswa laki-laki kurang dari 12? atau bagaimana jika siswa perempuan kurang dari 12?
Untuk kelas yang jumlah siswanya kurang dari 24, maka kelas tersebut tidak mengalami alur sampling sehingga seluruh siswa dalam kelas tersebut akan ikut dalam pelaksanaan EGRA.
untuk kondisi jika siswa laki-laki / siswa perempuan kurang dari 12 dapat dilihat dari simulasi berikut ini:
1. Siswa perempuan 7 , siswa laki-laki 19. ( jumlah 26)
Maka siswa perepuan (7) akan melaksanakan EGRA sedangkan sampling hanya untuk siswa laki-laki sebanyak 17 anak siswa laki-laki. --> total adal 24 anak yang mengikuti egra ( permpuan (7) laki-laki (17) ) serta 2 siswa laki-laki sebagai cadangan.
2. siswa perempuan 19, siswa laki-kai 7
Maka siswa laki-laki (7) akan melaksanakan EGRA sedangkan sampling hanya untuk siswa perempuan sebanyak 17 anak siswa perempuan. --> total adal 24 anak yang mengikuti egra ( laki-laki (7)perempuan (17) ) serta 2 siswa perempuan sebagai cadangan.