Lihat ke Halaman Asli

Agus Kusuma Pratama

Website Development/Marketing Online/Lembaga Kursus

Setelah Presiden Baru! Kini Sri Lanka Melantik Perdana Mentri Baru

Diperbarui: 23 Juli 2022   12:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perdana Mentri Baru Sri Langka (sumber gambar Daily News

Setelah Rajapaksa mengundurkan diri, Perdana Menteri Wickremesinghe mengambil alih kepemimpinan sementara sampai dia resmi dilantik jadi Presiden Sri Lanka pada Kamis (21/7) lalu.

Setelah menjadi Presiden baru Ranil Wickremesinghe langsung menunjuk teman sekelasnya Dinesh Gunawardena untuk menggantikan dirinya menjadi perdana mentri baru pada Jum'at kemarin (22/7) pagi. 

Pelantikan itu terjadi hanya beberapa jam setelah polisi dan tentara membersihkan lokasi protes utama yang diduduki selama 105 hari oleh para demonstran yang marah pada Rajapaksa atas keruntuhan ekonomi negara sri langka.

Dinesh Gunawardena merupakan teman sekelas Presiden baru Ranil Wickremesinghe, ia juga merupakan senior di parlemen sri langka yang menjabat sebagai Mentri Penyediaan Air dan Drainase pada 2010, dan terpilih kembali pada tahun 2015 lalu.

Dikutip dari The Strait Times, Gunawardena kini sudah ditetapkan sebagai perdana mentri baru Sri Langka, serta mengelola pemerintah daerah. Gunawardena mengambil sumpah jabatan di hadapan presiden dan Jaksa Agung Sri Langka Jayantha Jayasuriya .

Anggota kabinet lainnya diperkirakan akan dilantik pada hari yang sama.

Sri Lanka terpuruk ke dalam krisis akibat salah urus ekonomi serta kemunculan konflik di Ukraina. Krisis tersebut memicu serentetan demonstrasi dan pada akhirnya membuat presiden yang digantikan Wicremesinghe, yaitu Gotabaya Rajapaksa, terpaksa kabur ke luar negeri.

Wickremeshinghe menyatakan negara dalam keadaan darurat. Ia juga berupaya mendapatkan bantuan dari Dana Moneter Internasional (IMF).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline