Program Festival Kreatif Lokal 2022 yang dilaksanakan sejak bulan Agustus dan berakhir di Desa Wisata Alamendah pada 5 November kemarin. Sebelumnya, sudah menjelajahi 4 Desa Wisata di Indonesia yakni Yogyakarta, Malang, Bali dan Magelang.
FKL 2022 merupakan bentuk komitmen dari PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) yang berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.
Desa Wisata Alamendah yang terletak di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, terpilih menjadi Desa Wisata Ramah Berkendara 2022 dan diresmikan langsung oleh Direktur Marketing Adira Finance dalam program Festival Kreatif Lokal (FKL). Salah satu keuntungan untuk Desa Wisata Alamendah secara langsung menjadi bagian daya tarik wisata baru untuk Desa Wisata Alamendah.
Festival Pasar Rakyat di Desa Wisata Alamendah ikut memeriahkan acara yang melibatkan pelaku ekonomi kreatif yang ada di sekitar desa wisata diantaranya produk yang diunggulkan seperti buah stroberi, susu kemasan dan lain sebagainya.
Mewarnai kegiatan tersebut, tujuan utama dari Adira Finance adalah selain untuk pengembangan sektor wisata juga ingin para pelaku UMKM bisa merasakan dan ikut serta langsung di dalamnya.
Komunitas motor yang merupakan peserta dalam acara Desa Wisata Ramah Berkendara 2022 dan Festival Pasar Rakyat, menikmati jalannya acara mulai dari pemberangkatan menuju Desa Wisata Alamendah yang memiliki udara segar dan akses jalan yang cukup strategis sehingga mempermudah menuju lokasi yang telah siap menyambut kedatangannya dalam memeriahkan acara.
Sambutan yang disampaikan oleh Direktur Marketing Adira Finance tentang program Adira Finance di hadapan audience yang dihadiri oleh berbagai elemen memperjelas tentang program tersebut dan selanjutnya acara puncak peresmian Desa Wisata Ramah Berkendara 2022 yang dipimpin oleh Direktur Marketing menjadi awal sejarah untuk Desa Wisata Alamendah selain prestasi-prestasi yang lainnya untuk menambah daya tarik wisata.
Sesi wawancara dilakukan oleh awak media kepada Direktur Marketing juga Kepala Desa Alamendah yang intinya sama-sama mendukung program ini untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dari sektor pariwisata juga ekonomi kreatif melalui desa wisata, karena seperti kita ketahui desa wisata berdiri atas kesadaran masyarakat tentang pariwisata yang sering kita kenal dengan Pokdarwis (Kelompok Masyarakat Sadar Wisata).
Rangkaian acara dalam tema Desa Wisata Ramah Berkendara (Desa Ramah Berkendara) di Desa Wisata Alamendah selain adanya Festival Pasar Rakyat 2022 yang melibatkan pelaku ekonomi kreatif di Desa Alamendah, sehingga para pengunjung yang datang dari luar Desa Alamendah khususnya.
Umumnya yang datang dari luar kota mengetahui produk-produk yang ada, bahkan tertarik untuk membeli dan dijadikan oleh-oleh bahkan ada yang dikonsumsi ditempat jika yang dibeli berupa makanan atau minuman.
Hiburan bagian dari rangkaian acara yaitu dengan adanya salah satu seni tradisional yang ditampilkan di panggung menjadikan daya tarik tersendiri bagi Desa Wisata Alamendah yang selama ini kurang terekspos di media online, karena publik lebih mengenal tentang alamnya juga agrowisatanya, berarti dengan acara ini ada sesuatu hal yang tergali dan hal ini akan menjadi daya tarik wisata bagi Desa Wisata Alamendah.