Lihat ke Halaman Asli

Agus Kusdinar

Wiraswasta/Content Creator/Exclusive Writer Narativ On Loc Desa Wisata/SWJ Ambassador 2023

Kue Balok Dari Garut Aseli Sejak 1941

Diperbarui: 30 Juni 2017   16:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumentasi pribadi

Jika anda pernah ke Garut, pasti mengenal apa Kue Balok, kue yang berbentuk balok yang pernah populer di sinetron Preman Pensiun yang ceritanya Kang Mus dari Bandung pergi ke Garut hanya sekedar membeli kue balok.

Berbagai macam kue Balok dengan rasa yang khas terlahir di Garut tepatnya di Kadungora, di sini kita akan membahas kue Balok yang berdiri sejak 1941, selain itu ada kue Balok Maranti, dan Abah Mantap jika kita searching di geogle pasti kita akan menemukannya kapan Kue Balok itu berdiri dan siapa yang pertama mulai mendirikannya. 

kotakami.com

Kue Balok di Kadungora sebenarnya usaha turun-temurun, dan memiliki ikatan keluarga antara satu sama lain, misal di antara Kue Balok Aseli 1941, Kue Balok Maranti dan Kue Balok Abah Mantap. 

Kue Balok yang rata-rata mayoritasnya dari Kp Sinyar dan Kp. Sukamaju Desa Kadungora, Kec. Kadungora memiliki ikatan keluarga dan usaha itu di kembangkan secara turun temurun serta mengembangkan usahanya di berbagai daerah mulai dari wilayah Kab. Garut sendiri misal di wilayah Kec. Kadungora, Leles sampai Garut Kota juga di luar wilayah Kab. Garut.

Menyantap Kue Balok dengan segelas Kopi/Susu merupakan ciri khas tersendiri karena Kue Balok sangat cocok jika menyantapnya di barengi Kopi/Susu, dan biasanya Kue Balok tersebut nongkrong di bangunan semi permanen sampai permanen dan rata-rata, para pedagang Kue Balok sore sampai lewat tengah malam ada juga yang sampai pagi, karena Kue Balok lebih nikmat di santap di waktu-waktu itu. 

dokumentasi pribadi

Saya bertemu dengan seorang pedagang Kue Balok bernama Adit yang masih duduk di bangku SMK Swasta di daerah Garut, Adit berjualan ketika orang tuanya lagi istirahat katanya dia berjualan giliran dengan orang tuanya mulai buka sore hari sampai menjelang lewat tengah malam.

Adit merupakan keturunan dari pendiri Kue Balok Abah Mantap, dan dia memberi nama kios Kue Balok-nya bernama Kue Balok Aseli 1941, dan menjelang arus mudik/balik jualannya cukup laris di tengah kemacetan. Waktu yang pas bagi Adit untuk mengisi liburannya berjualan Kue Balok selain itu dia ingin mengurangi beban orang tuanya dengan menyumbangkan tenaganya dengan keahlian yang di wariskan leluhurnya yang cukup berharga.

Tempat Adit berjualan yaitu dekat pasar Kadungora, yang tepatnya di JL. Raya Baru Kadungora, dengan rasa yang khas dan racikan yang mantap, membuat para penyuka Kue Balok ketagihan baik yang lokasi rumahnya di Kadungora juga bagi pengendara yang melewati Kiosnya Adit tempat berjualan, karena jalan tersebut merupakan jalan yang di lalui oleh pengendara dari luar kota ( Jalur arah Bandung )

Kue Balok yang renyah dan rasanya gurih dengan racikan yang pertama kali di Indonesia di Garut-lah pertma kali berdiri tepatnya di Kadungora, jika anda suka Kuliner di malam hari ketika lagi berkunjung ke Garut anda akan menemukan kios-kios atau toko yang berlabel Kue Balok dan sekilat anda jika menggunakan kendaraan secara pelan, anda akan mencium wanginya Kue Balok yang tertiup angin malam sampai ke penciuman kita, serta seketika anda akan menghentikan kendaraan di depan toko/kios dimana Kue tersebut di jual.

Wisata Kota Garut, selain wisata alamnya juga terkenal wisata kulinernya jadi jangan terlewatkan dengan makanan aseli khas Garut dengan Kue Balok dan aromanya yang bikin anda ketagihan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline