Lihat ke Halaman Asli

agus hendrawan

Tenaga Kependidikan

Menuju Kawah Gunung Tangkuban Parahu

Diperbarui: 7 September 2024   22:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri


Menuju Kawah Gunung Tangkuban Parahu dahulu saya lakukan dengan berjalan kaki sejauh belasan kilometer dari tanah kelahiran Desa/Kec. Cisalak Kabupaten Subang bersama teman-teman, tidak ada rasa lelah karena kami melakukannya dengan suka ria bersama-sama. Tapi itu dulu jaman saya kanak-kanak sekitar tahun 80an.

Hari ini Sabtu 07 September 2024, saya melakukan perjalanan menuju Kawah Gunung Tangkuban Parahu melalui pintu keluar tol Padaleunyi Pasteur 2 karena sebelumnya saya harus ke Cileunyi terlebih dahulu untuk kepentingan keluarga. Perjalanan dari Cileunyi sekitar jam 8:30 WIB masuk gerbang tol Cileunyi dan keluar Gerbang Tol Pasteur 2.

Perjalanan dilanjutkan menuju arah Lembang dan beristirahat sejenak untuk, sholat, dan makan di Terminal Wisata Grafik Cikole. Suasana di sini cukup nyaman dengan nuansa pegunungan dan rimbunnya pepohonan, juga menyediakan berbagai wahana seperti: Flying fox, jalan di atas papan tali, dll.

dokpri

Karcis masuk kawasan ini Rp. 20.000 per orang, tapi saya tidak mencoba wahana permainannya karena memang bukan di sini tujuan utamanya.

dokpri

dokpri

dokpri

Perjalanan saya lanjutkan menuju kawasan Kawah Gunung Tangkuban Parahu, melewati Perkemahan Hutan Pinus Cikole untuk selanjutnya berbelok ke kiri menuju Kawah Gunung Tangkuban Parahu. Kami bertiga dikenakan biaya Rp. 95.000,- termasuk kendaraan.

Setidaknya ada dua kawah yang saya kenal baik di kawasan Kawah Gunung Tangkuban Parahu ini yaitu Kawah Domas, dan Kawah Ratu.

Di kawah Domas yang berada di bagian bawah sebelum kawah Ratu kita masih perlu melakukan jalan kaki sekitar 3 km untuk mencapainya, di Kawah Domas kita bisa menyaksikan kolam air panas alami yang suhunya bisa mematangkan sebutir telur. Tapi untuk perjalanan kali ini saya tidak mengunjunginya melainkan langsung menuju Kawah Ratu karena keterbatasan waktu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline