Lihat ke Halaman Asli

agus hendrawan

Tenaga Kependidikan

Karedok/Pencok Kacang Panjang ala Gushend

Diperbarui: 16 September 2024   17:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi tanaman kacang panjang, menanam kacang panjang.(SHUTTERSTOCK/SIRIWAT WONGCHANA) via.kompas

Sebelum saya berbicara lebih panjang tentang Karedok Kacang, beberapa tahun lalu saya pernah mengalami rasa malu, lucu, bahkan karena kejadian ini saya sering jadi bahan candaan teman-teman.

Satu saat kami mengadakan pertemuan disebuah rumah makan di daerah Tambun Kabupaten Bekasi, saya dan beberapa teman datang duluan dan datanglah sepiring kecil (pisin) karedok kacang panjang. Mungkin saya yang kurang gaul atau gimana? Terus terang saya baru kali itu mendapatkan sajian pavorit saya di restoran ternama semacam ini.

Biasanya saya membuat sendiri karedok kacang dengan resep dari ibu saya, karena kacang panjang sangat mudah ditemukan di daerah kami yang ditanam sebagai palawija bersamaan dengan padi di sepanjang pematang sawah. Semenjak kepindahan saya tahun 1994 mengadu nasib di Bekasi membuat saya jarang sekali menemukan makanan ini.

Waktu itu saat mendapat sepiring kecil (pisin) karedok kacang, saya tidak pikir panjang langsung melahapnya sesuai kebiasaan di kampung yaitu makan karedok kacang dengan cara digado. Ternyata usut punya usut karedok kacang yang disajikan itu bersifat pelengkap seperti halnya sambal, jadi cara makannya bersamaan dengan lawuh lainnya disertai nasi dan lauk pauk lainnya.

Menyadari hal itu saya menjadi malu bukan main karena ternyata karedok kacang tersebut hanya disajikan satu piring kecil (pisin) sebagai makanan pelengkap seperti sambal dan lalapan lainya. Tapi semua terlambat karena sepiring karedok kacang itu sudah berpindah semua ke perut saya hehe...

Bicara lebih jauh tentang karedok kacang di daearah saya lebih dikenal dengan nama Pencok, makanan ini adalah salah satu makanan pavorit yang biasa saya sajikan sendiri di rumah. Ada cara dan resepnya tersendiri berdasarkan cara dan resep yang di diberikan almarhum ibu saya. Dikeluarga, saya biasa mengolah makanan sendiri kapan saja ketika saya mau, selain ibu saya yang menyajikannya.

Pencok sendiri berasal dari bahasa Sunda yang berarti ya Karedok Kacang, karena ada jenis karedok lain seperti Karedok Leunca atau karedok bahan lainnya kami tidak menyebutnya sebagai Pencok.

Karedok/Pencok Kacang Ala Gushend

Bahan:

- Seikat kacang panjang muda yang masih segar: Dalam hal ini saya biasa langsung memetiknya dari kebun atau pematang sawah, pilih kacang panjang yang masih muda karena yang sudah tua biasa dugunakan sebagai bibit. Kacang panjang muda rasanya manis dan renyah, sedangkan yang tua terasa agak alot dan sedikit getir.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline