Lihat ke Halaman Asli

Agus Fitri Yanto

Lebihd dari 15 tahun berkiprah di pendidikan vokasi dn lebih dari 5 tahun terlibat langsung dalam pendampingan dan pemberdayaann UMKM

Politeknik Kutoarjo Terjunkan Mahasiswa Relawan Pajak 2022

Diperbarui: 7 Februari 2022   15:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyerahan mahasiswa Politeknik Sawunggalih Aji sebagai Relawan Pajak Tahun 2022 ke KPP Kebumen (07/02/2022). Dokpri

Sebanyak 15 mahasiswa Politeknik Sawunggalih Aji (POLSA) Kutoarjo -- Kabupaten Purworejo Jawa Tengah, resmi dikukuhkan menjadi Relawan Pajak Tahun 2022. Pengukuhan dilakukan secara hybrid pada Kamis lalu (03/02/2022) dari Ruang Rapat Kanwil DJP Jawa Tengah II. 

Prosesi pengukuhan di lakukan oleh Slamet Sutyanto selaku Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah II dan diikuti secara daring oleh Kepala Seksi Pelayanan di KPP (Kantor Pajak Pratama), Organisasi Mitra, Dosen Pengajar/Pendamping, Calon Relawan Pajak Non Mahasiswa, dan Calon Relawan Pajak Mahasiswa. Sebelum dikukuhkan sebagai relawan pajak, para calon relawan pajak sebelumnya telah mengikuti proses seleksi dimulai dari tes wawancara, pelatihan perpajakan dan tes leveling.

"Mahasiswa Relawan Pajak sebelum dikukuhkan harus mengikuti beberapa tahap seleksi. Mulai dari tes wawancara, pelatihan perpajakan hingga tes leveling. Pelatihan perpajakan dan tes levelling dilaksanakan secara hybrid pada 28-29 Januari 2022 lalu," terang Caecilia Rosma W., S.E., M.Si. selaku Ketua Program Studi Akuntansi.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa setelah pengukuhan Relawan pajak mulai diterjunkan ke masing- masing KPP. Senin(07/02/2022) ke-15 mahasiswa Relawan Pajak Politeknik Sawunggalih Aji diserahkan ke KPP Kebumen untuk mulai diterjunkan melaksanakan asistensi pengisian SPT Tahunan di wilayah Kabupaten purworejo. 

Penyerahan dilaksanakan di Pos Pelayanan Pajak Purworejo oleh perwakilan dari POLSA Danis Imam Bachtiar, S.E., M.M. dan diterima oleh Kepala Seksi Pengawasan III KPP Pratama Purworejo -Setyo Utomo.

Salah satu sesi pelatihan Calon Relawan Pajak Tahun 2022 yang diikuti oleh mahasiswa Politeknik Sawunggalih Aji pada januari 2022 lalu.

Secara terpisah, Direktur POLSA -- Dr. Sapta Aji Sri Margiutomo, S.E., M.M. menyampaikan apresiasi dan bangga atas kiprah positif yang diambil oleh mahasiswa. "Menjadi relawan pajak merupakan langkah positif dalam memperkuat pengetahuan dan pengalaman mahasiswa.  Hal ini juga akan memperkuat kompetensi mahasiswa di dunia perpajakan," jelas Sapta Aji.

Diutarakan pula bahwa POLSA telah menjalin kerjasama dengan Kanwil DJP Jawa Tengah II sejak beberapa tahun lalu untuk berbagai program dan kegiatan. Salah satu agenda rutin yang dilaksanakan yaitu menerjunkan mahasiswa sebagai relawan pajak. (afy)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline