Lihat ke Halaman Asli

Agus Firmansyah

Universitas Negeri Malang

Persiapan Atlet Squash Kabupaten Pati: Matangkan Fisik dan Mental Demi Menyabet Medali Porprov Jateng 2023

Diperbarui: 27 Maret 2023   21:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi

Pati - Cabang olahraga Squash Kabupaten Pati termasuk dalam cabor yang berdiri baru satu tahun namun berhasil mendapatkan juara di ajang Kejurprov Jawa Tengah di Semarang dan ajang Pra Porprov Jepara. Capaian ini membuat tim squash Kab Pati berhasil lolos ke ajang Porprov Jateng 2023 yang akan di gelar di Pati Raya ini.

Para atlet squash sedang mempersiapkan diri secara fisik dan mental untuk menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang akan segera digelar. Persiapan ini dilakukan dengan sangat serius karena mereka ingin memberikan yang terbaik bagi Pati yang pada tahun ini Porprov digelar di Pati sendiri.

Di Kabupaten Pati Cabor Squash baru diresmikan pada Selasa, 12 Oktober 2021. Meskipun Cabor ini berhasil mendapatkan banyak prestasi namun sayangnya belum memiliki fasilitas yang memadai, khususnya lapangan untuk latihan menjelang Porprov 2023. Pelatih sekaligus Pengkab Squash Kabupaten Pati juga mengakui bahwa saat ini atlet Squash Kabupaten Pati masih berlatih di Stadion Joyo Kusumo

"Harapannya mendapatkan tanggapan positif dari pemerintah daerah sehingga lapangan squash akan segera terealisasikan. Dengan demikian mudah-mudahan cabor squash dapat meraih lebih banyak medali emas yang membanggakan bagi Kabupaten Pati," terang Ketua Pengurus Kabupaten (Pengkab) Squash Pati Umam Arie Erfa'i, Sabtu (11/03/2023).

Ketua Pengurus sekaligus pelatih Squash Pati, Umam Arie Erfa'I juga menyebutkan persiapan fisik dan mental sangat penting bagi para atlet agar bisa tampil maksimal di lapangan. 

"Kami telah memberikan program latihan yang intensif dengan intensitas sedang sampai tinggi di 3 kali latihan dalam seminggu untuk meningkatkan kekuatan, kecepatan, teknik,dan daya tahan fisik para atlet. Selain itu, kami juga memberikan latihan mental untuk membantu mereka mengatasi tekanan dan meningkatkan konsentrasi di lapangan,"

Dokpri

Selain latihan secara intensif, para atlet squash menjaga pola makan yang sehat dan teratur. Mereka mengonsumsi makanan yang kaya protein dan karbohidrat untuk menjaga stamina dan energi selama persiapan dan juga pertandingan. Para atlet juga menghindari makanan yang mengandung lemak dan gula berlebihan yang dapat mengganggu performa di lapangan. 

Bagi seorang atlet mental yang kuat juga menjadi faktor kunci dalam memenangkan pertandingan."Squash bukan hanya soal fisik, tapi juga soal mental. Kami harus mampu mengontrol emosi dan fokus pada pertandingan agar bisa memberikan performa terbaik." ujar salah seorang atlet squash dari Pati, Richi Ridha Septiyanto.

Selain persiapan mental, Para atlet juga gencar melakukan latihan fisik meskipun terkendala dengan venue latihan, namun Squash Kabupaten Pati optimis meraih juara di Porprov Jateng 2023, Ketua Pengurus Kabupaten (Pengkab) Squash Pati Umam Arie Erfa'I menyebut hingga saat ini pihaknya masih membuka peluang bagi anak muda Pati untuk berlatih dan mengukir Prestasi di Cabor Squash.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline