Lihat ke Halaman Asli

Agus Elpin

Tenaga Pendidik/Dinas Pendidikan Kabupaten Sambas

Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Diperbarui: 4 November 2022   21:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Koneksi Antar Materi 3.2.a.8

Pemimpin Pembelajaran Dalam Pengelolaan Sumberdaya

Dalam mewujudkan Sekolah yang baik dan memberikan pelayanan yang maksimal maka diperlukan kebijakan-kebijakan yang berpihak pada murid. Untuk mewujudkan semua itu tidak jarang kita terbentur pada hal-hal yang dapat menghentikan langkah kita seperti keterbatasan sarana, kekurangan personil, bahkan yang sering terjadi yaitu terhambatnya suatu kegiatan karena kurangnya dana yang tersedia.

Oleh karena itu, maka perlu adanya seorang pemimpin yang baik yang mampu mengelola Sumberdaya Sekolah yang ada.

Sekolah sebagai Ekosistem pendidikan tidak lepas dari faktor Biotik dan Abiotiknya. Faktor Biotik misalnya Kepala Sekolah, Guru, Staff TU, Pengawas, Murid, Orang tua murid, Dinas pendidikan, maupun Pemerintah Daerah. Hal itu tentu tidak terlepas pula dari faktor Abiotiknya seperti Keuangan, Sarana Prasarana dan Lingkungan Alamnya.

Seorang pemimpin harus mampu memetakan dan memanfaatkan Aset yang ada disekitar sekolah sebagai kekuatan yang bisa menopang berjalannya roda pendidikan. Mampu berpikir tentang kelebihan yang ada untuk mencapai kesuksesan. Selain itu dalam pengelolaan sumberdaya seorang pemimpin harus bisa merancang sebuah visi berdasarkan Aset dan kekuatan yang ada.

Jika pengelolaan Aset tepat pada penggunaanya maka kita akan mampu membangun relasi yang baik. Sebagai seorang pemimpin yang baik maka ia harus mampu berperan sebagai Fasilitator dalam menggerakkan komunitasnya.

Bagaimana pengelolaan Aset yang tepat itu?

Pengelolaan aset yang tepat ditandai dengan beberapa hal seperti :

  • Terjadinya dialog yang aktif dalam mendorong keberagaman antar warga sekolah demi kemajuan murid
  • Memperkuat komitmen warga sekolah dan bergotong royong demi kemajuan  bersama
  • Membangun koneksi dan kolaborasi
  • Mengenal diri sendiri dan membangun aset yang ada
  • Membentuk masa depan yang baik
  • Bertindak dengan Obsesi  Ide dan Peluang
  • Merangkul perubahan dan bertanggungjawab
  • Pembaharuan kepemimpinan secara terus menerus

Pengelolaan Sumberdaya Aset Sekolah yang baik haruslah mempunyai keterhubungan yang baik. Terdapat tujuh modal utama yang dapat dimanfaatkan dalam menemukenali Sumber daya yang ada di Sekolah sperti:

  • Modal Manusia
  • Modal Sosial
  • Modal Politik
  • Modal Agama dan Budaya
  • Modal Fisik
  • Modal Lingkungan/Alam
  • Modal Finansial

Dari ketujuh Sumberdaya yang ada kita bisa memetakan Aset yang ada untuk memaksimalkan kekuatan Sumberdaya yang dimiliki oleh Sekolah. Pendekatan berbasis aset ini juga digunakan sebagai dasar paradigma Inkuiri Apresiatif (IA) yang berkaitan dengan modul 1.3, dimana paradigma IA ini percaya bahwa setiap orang memiliki inti positif yang dapat memberikan kontribusi pada keberhasilan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline