Lihat ke Halaman Asli

Agus Arta Diva Anggara

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Tipe-tipe Interaksi dalam Media Baru yang Wajib Kamu Ketahui!

Diperbarui: 10 September 2021   09:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

New Media vs Old Media. Sumber:Rifqoi.blogspot

Istilah media baru muncul untuk menangkap sebuah pengertian yang cukup cepat sejak akhir tahun 1980-an.Menurut Martin Lister dalam bukunya yang berjudul New Media A Critical Introduction, dunia komunikasi terlihat berbeda. 

Perbedaan ini terletak pada hilangnya batasan pada satu sektor atau elemen manapun. Media-media seperti percetakan, fotografi, televisi hingga telekomunikasi akan terus mengalami perubahan seiring dengan tekonologi yang juga berkembang dengan pesat.

Karakteristik media baru yang paling menonjol adalah kecepatan informasi dan juga beberapa tipe interaksi yang muncul akibat adanya media baru. Misalnya adalah one to one message, distributed message database, dan masih ada empat tipe interaksi lain yang muncul dalam media baru yang akan kita bahas lebih lanjut. 

Sebelum sampai pembahasan tersebut, mari kita pahami indikasi munculnya media baru saat ini.  

Indikasi Perubahan Sosial, Ekonomi, dan Budaya

Martin Lister mengelompokan setidaknya terdapat empat indikasi yang menyangkut perubahan media baru, empat indikasi itu meliputi: 

  1. Pergeseran dari moderenitas ke postmodernitas. Upaya mengkarakterisasi perubahan yang mendalam pada aspek struktural dalam masyarakat dan ekonomi dari tahun 1960-an. Media baru dan teknologi baru akan terus berubah bersamaan dengan budaya yang korelatif. Dalam hal estetika dan ekonomi mereka, media baru biasanya dilihat sebagai penanda kunci dari perubahan tersebut.

  2. Proses globalisasi yang semakin intensif. Pengecilan batasan-batasan negara dalam hal perdagangan,organisasi, adat, dan budaya menjadi salah satu indikasi yang berperan dalam pembentukan media baru. Dalam pembentukan media baru, elemen-elemen yang mendukung proses globalisasi semakin intensif menjadi salah satu elemen kontributor utama. 

  3. Industri manufaktur dengan era informasi pasca-industri. Pergeseran dalam pekerjaan, keterampilan, investasi dan keuntungan, dalamproduksi barang-barang material untuk jasa dan informasi industri terlihat seperti menandakan adanya media baru.
  4. Desentralisasi tatanan geopolitik yang mapan dan terpusat. Melemahnya mekanisme kekuasaan dan kontrol dari pusat-pusat kolonial Barat, yang difasilitasi oleh jaringan media komunikasi baru yang tersebar dan melampaui batas dapat menjadi salah satu indikasi lain.

Menurut Martin Lister empat indikasi ini yang dapat dikatakan menyangkut beberapa perubahan media baru. 

Sederhananya, empat indikasi ini menjadi faktor perkembangan teknologi komunikasi massa digital. Dimana seseorang dapat melakukan interaksi melalui dunia maya tanpa bertatap muka langsung dengan bantuan internet.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline