Lihat ke Halaman Asli

Sistem Komunikasi dalam Organisasi

Diperbarui: 29 Desember 2021   10:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada dasarnya, Istilah komunikasi ini berasal dari bahasa latin, Communicare yang dimana artinya adalah menyebarluaskan atau memberitahukan. 

Komunikasi adalah penyebaran informasi, ide-ide sebagai sikap atau emosi dari seseorang kepada orang lain terutama melalui simbol-simbol. Komunikasi dilakukan untuk mencapai suatu tujuan yaitu antara lain, memberi dan mencari informasi, mengajak individu lain melakukan apa yang kita inginkan. 

Bahkan juga dapat dikatakan bahwa komunikasi adalah hal yang mengikuti kita sejak lahir, dan komunikasi tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. berarti komunikasi merupakan proses sosial yang sangat mendasar. 

Dikatakan mendasar karena semua manusia berkeinginan mempertahankan suatu persetujuan mengenai berbagai aturan social melalui komunikasi.     

"Organisasi adalah kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan." Organisasi pasti mempunyai struktur yang mendukung dan menjadi dasar dalam perilaku komunikasi di dalam organisasi. 

Komunikasi organisasi pada umumnya membahas tentang struktur dan fungsi organisasi, Komunikasi organisasi adalah bentuk pertukaran pesan dalam satu jaringan yang saling tergantung satu sama. hubungan antar manusia. 

Komunikasi Organisasi dapat didefinisikan sebagai pertunjukan dan penafsiran pesan diantara unit-unit komunikasi yang merupakan bagian dari suatu organisasi tertentu. dalam hubungan-hubungan hirarkis antara yang satu dengan yang lainnya dan berfungsi dalam suatu lingkungan.

Komunikasi organisasi ini melibatkan manusia sebagai subyek yang terlibat dalam proses menerima, dan bertindak atas informasi. Sehingga, Komunikasi di dalam organisasi lebih kompleks, tidak seperti komunikasi interpersonal ataupun komunikasi kelompok. 

Komunikasi organisasi ini membutuhkan system-sistem yang mengatur perilaku komunikasi di setiap anggotanya. 

Komunikasi Organisasi juga dapat dipakai dalam mencapai visi dan misi sebuah organisasi, sehingga organisasi dapat berjalan sesuai dengan peraturan organisasi. 

Perilaku ini berkembang menjadi system system dalam organisasi. Dalam hal ini, System komunikasi di dalam organisasi ada dua system komunikasi formal dan informal. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline