Lihat ke Halaman Asli

Agus Alfian

Pengajar dan pengamat Budaya

Aksi Nyata Modul 3.1.a.10 - Pengambilan keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran

Diperbarui: 21 Februari 2022   10:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok.alfian

Peristiwa ( Facts )

Setelah siswa libur panjang karena pandemi dan pembelajaran model PJJ atau daring,begitu mengubah tatanan baik pola belajar,sikap,dan semangat siswa,aktifitas belajar menurun,tata krama jauh dari profil pelajar Pancasila,siswa terlalu sibuk dengan bermain HP,bermain dengan teman-temanya.Hal ini juga tidak lepas dari kontrol keluargga dan lingkungan tempat tinggal murid.begitu juga siswa SMP Negeri 2 Manisrenggo Klaten juga tidak luput dari dampak pandemi ini.Semua ini menjadi dilema manakala sikap dan aklak siswa menjadi turun drastis sebagai contoh siswa kurang menghormati kepada guru,tidak khusus dalam berdoa di kelas,membuang sampah disembarang tempat tampa memperdulikan teguran guru.

Alasan melakukan aksi

Hal diatas merupakan dilema etika,sekolah harus memiliki pilihan apakah mau bangkit dari sekarang tampa menunggu covid-19 hilang dari bumi atau menunggu semuanya normal.paradigma yang terjadi pada kasus ini adalah jangka pendek melawan jangka panjang.Nilai -nilai keagamaan kami pilih sebagai pondasi penanaman budi luhur siswa dengan cara mengikuti sholat jumat berjamaah dimasjid samping sekolah,untuk siswa putri penanaman kebersihan sebagian dari iman dengan cara mengumpulkan,memilah sampah kemudian dijual kepada pengepul sampah disekitar sekolah.Itulah sebagian alasan melakukan aksi dan hasil nyata  beberapa bulan ini secara rutin melaksakan pembiasaan yang berdapak pada siswa.

Perasaan ( Feeling )

Saya sebagai calon guru penggerak angkatan III dari kabupaten Klaten merasa bangga dan termotifasi melaksanakan program dari materi aksi nyata modul III ,materi aksi nyata tersebut diharapkan dapat menjadi solusi terbaik semua progran disekolah maupun komunitas pendidikan dalam menjalankan program kerja yang terkendala permasalahan baik masalah intern maupun ekstern dengan cara penerapan materi pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran dari modul III ini.

pembelajaran ( Findings )

dok.alfian

Dengan berkolaborasi dan gotong royong warga sekolah saya dapat mengamati,mengevaluasi,dan mengetahui kendala ,keadaan yang dihadapi warga sekolah,siswa,dan orang tua.Sehingga saya bekerja sama dengan kesiswaan,takmir masjid sekitar sekolah menambahkan program pembiasaan sholat jumat berjamah disekitar sekolah kami dengan terjadwal sebagai penanaman keimanan sesuai profil pelajar Pancasila.Program lain menjual sampah sekolah ke pengepul sekitar sekolah untuk menambah kas tiap kelas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline