Lihat ke Halaman Asli

Jhon Venn Ahli Matematika

Diperbarui: 19 Oktober 2015   13:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="ahli matematika"][/caption]

Jhon Venn lahir di Kingston Upon Hull Yorkshire Inggris 4 agustus 1834. Meninggal di Cambridge inggris tanggal 4 april 1923.

Jhon Venn bersekolah di Gonville and Caiuse Collage, Cambridge, Universitas Cambridge. Jhon Venn adalah salah seorang ahli matematika yang salah satu karya temuannya sampai saat sekarang masih dipakai dalam penyelesaian soal-soal matematika. Hasil temuannya tersebut yaitu Diagram Venn.

Diagram Venn ini dapat menunjukkan semua kemungkinan hubungan logika dan hipotesis diantara sekelompok (set/himpunan/group) benda/obyek.

Diagram Venn ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1880 oleh Jhon Venn untuk menunjukkan hubungan sederhana dalam topik-topik dibidang logika, probabilitas, statistik, linguistik, dan ilmu komputer. Kesemuanya dapat menggunakan Diagram Venn.

Beberapa buku karya Jhon Venn adalah buku symbolic logic (1881) dan the principle of empirical logic (1889).  Jhon Venn selain sebagai seorang matematikawan, beliau juga ahli logika dan juga ahli filsafat.

Sumber: www.blogpenemu.com

Berdasarkan paparan diatas kita dapat mengambil hikmahnya yaitu antara lain:

  1. Jhon Venn merupakan seorang yang tekun dalam belajar dan penelitian. Yang bersangkutan juga haus ilmu dibidang lain diluar matematika
  2. Karya temuan Jhon Venn sangat membantu dalam penyelesaian soal-soal matematika yang menyangkut himpunan,probabilitas, statistik,linguistik, dan ilmu komputer



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline