Lihat ke Halaman Asli

Caesar Naibaho

TERVERIFIKASI

Membaca adalah kegemaran dan Menuliskan kembali dengan gaya bahasa sendiri. Keharusan

Mengenal Manfaat Jadi Petugas KPPS

Diperbarui: 31 Desember 2023   08:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jadi Petugas KPPS. Sumber Gambar: KOMPAS/KRISTIAN OKA PRASETYADI 

Tak terasa kita akan memasuki tahun 2024. Jika diibaratkan sedang naik bus, maka sebentar lagi kita akan sampai ke tempat persinggahan sebentar untuk melanjutkan perjalanan menuju tujuan bersama.

Di tahun 2024 nanti kita akan menghadapi babak baru kehidupan kita dan juga segudang agenda yang telah dipersiapkan untuk kita hadapi bersama, termasuk menghadapi pesta demokrasi yang akan berlangsung tiga bulan dari sekarang, tepatnya tanggal 14 Februari 2024.

Segenap warga negara Indonesia yang telah memiliki hak pilih akan memberikan suaranya dalam Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden yang akan memimpin bangsa yang besar ini, juga untuk memilih para wakil rakyat yang akan duduk di kursi legislative (DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/kota) untuk periode 2024 sampai 2029.

Selain disuguhkan dengan 'kepusingan' menentukan pilihan untuk Capres dan Cawapres dan juga untuk menempatkan orang-orang yang kita anggap baik dan berkompetensi kuat untuk duduk di kursi Legislatif dan memperjuangkan hak-hak kita?

Kita juga disuguhkan dengan pertanyaan 'Bagaimana kesiapan penyelenggaraan Pemilu 2024? Baik itu di kota, desa, maupun sekitaran tempat tinggal kita? Sudah sampai dimana kesiapan logistic dan tentunya perangkat-perangkat Pemilu 2024? Termasuk yang paling penting sekali, sudah rangkumkah para petugas KPPS yang akan bertugas nanti di lapangan saat Pemilu?'.

Pertanyaan-pertanyaan ini menjadi pertanyaan yang disuguhkan dalam Topil alias Topik Pilihan akhir tahun di Kompasiana.

Pertanyaan tersebut tentunya membutuhkan jawaban untuk mengetahui dan juga tentunya menentukan akan suksesnya Pemilu 2024 dibandingkan dengan pemilu-pemilu sebelumnya, sebab peran KPPS dan kesiapan logistic Pemilu 2024 akan jadi indicator kesuksesan Pemilu kali ini.

Seperti pepatah mengatakan "Pengalaman adalah Guru Paling Baik", artinya pengalaman-pengalaman di tahun 2014, bahkan tahun 2019 haruslah menjadi pembelajaran agar Pemilu berjalan lebih adil, lebih transparan dan juga lebih safety bagi petugas lapangan KPPS alias Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara.

Dimana bukan cerita baru lagi apabila efek dari Pemilu 2019 adalah fakta dengan adanya total 894 petugas KPPS yang meninggal dunia dan sejumlah 5.175 petugas yang mengalami sakit usai bertugas di lapangan (sumber disini).

Pertanyaannya, mengapa harus sebanyak itu yang menjadi korban usai Penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 yang memang Pemilu yang menguras otot, otak, dan juga tenaga itu?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline