Lihat ke Halaman Asli

Caesar Naibaho

TERVERIFIKASI

Membaca adalah kegemaran dan Menuliskan kembali dengan gaya bahasa sendiri. Keharusan

Kuliah Sambil Kerja?, Kerja Sambil Kuliah? Kalau Bisa, Kenapa Tidak?!

Diperbarui: 25 Juni 2015   04:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13382698241422423775

“Bekerjalah dengan cinta…

Jika engkau tidak dapat bekerja dengan cinta,

Lebih baik engkau meninggalkannya..

Dan mengambil tempat di depan pintu gerbang

Candi-candi, meminta sedekah kepada mereka

Yang bekerja dengan penuh suka dan cita”

( Kahlil Gibran )

Tamat SMA, Anda melanjut kemana? Pertanyaan itu mengangga saat ini mengingat seluruh SMA di negeri ini baru melaksanakan kelulusan UN, syarat tamat dari SMA. Bagi yang orangtuanya mampu, meng-kuliah-kan anaknya di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tidak masalah jikalau tidak lulus di PTN (Perguruan Tinggi Negeri), namun bagaimana bagi anak yang orangtuanya pas-pasan dan tidak mampu untuk menyekolahkan/meng-kuliah-kan anaknya sampai Sarjana atau Diploma (D-3). Tentunya Kuliah adalah barang mahal, hal yang sangat menyakitkan untuk ditinggalkan, kuliah menjadi suatu proses pendidikan yang sangat sayang untuk dilewatkan, karena kuliah menjadi tingkatan pendidikan yang paling tinggi dan output ataupun hasil berupa ijazah menjadi hal yang sangat menentukan dalam mencari pekerjaan atau meniti karir nantinya. Namun tidak semua orangtua atau anak itu sendiri yang memiliki keterbatasan ekonomi mengalah dengan keterpurukan dan terancam tidak kuliah, banyak orangtua yang berusaha sehalal mungkin untuk meng-kuliahkan anaknya, dan banyak anak yang memilih untuk kuliah sambil kerja, atau kerja sambil kuliah.

Pilihan kuliah sambil kerja dan kerja sambil kuliah adalah pilihan yang rasional, karena disamping untuk memenuhi kebutuhan hidup, juga untuk mengasah keterampilan dan skill dalam bekerja di salah satu bidang pekerjaan yang digeluti, dengan mengenal dunia pekerjaan lebih dini akan mengasah keterampilan dan kedewasaan seseorang dalam dunia kerja yang penuh intrik dan penuh dengan persaingan yang ketat. Dunia kerja yang semakin kompleks dapat diatasi apabila Sumber Daya Manusia yang ada mampu bekerja dengan baik dan mandiri. Sementara sebuah Ijazah sangat diperlukan dalam mendukung karir dan tentunya penggajian dalam dunia kerja nantinya, oleh karena itu kuliah untuk mendapatkan gelar sarjana atau diploma tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, oleh Karena itu Kuliah sambil Kerja menjadi pilihan jika ingin sukses nantinya, jika ingin kita disebut sebagai orang yang Profesional dalam pekerjaan yang kita geluti, sebab untuk menjadi orang yang professional dibutuhkan waktu yang panjang dan skill atau kemampuan serta kredibilitas yang tinggi dan terpupuk sejak lama. Seperti pepatah mengatakan “Pengalaman adalah Guru yang Paling Baik.”

Seperti yang saya alami, saya tamat SMA dan sangat ingin kuliah di bidang Komputer, namun orangtua menginginkan saya untuk kuliah mengambil jurrusan Hukum, sehingga terjadi pertentangan dalam memilih tempat kuliah. Untung ada saudara yang meyakinkan orangtua saya akan prospek kuliah di jurusan Komputer, akhirnya orangtua saya mengalah dan mendaftarkan saya disalah satu Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer di Medan. Namun, karena saya masih penasaran dengan SMPTN (dulu masih bernama UMPTN), saya tetap bimbingan disalah satu bimbel dikota medan dengan harapan tetap dapat lulus di PTN favorit saya, terutama jurusan Ilmu Komputernya, namun sampai testing ke-2 saya tetap gagal, apa karena saya tidak berjodoh dengan PTN atau gimana, saya tidak tahu, intinya saya melanjutkan kuliah di PTS. Tetapi setelah semester 3 (tiga), terjadi musibah, dimana saya dihadapkan pada pilihan karena orang tua saya terkena Stroke, kalau mau lanjut kuliah, maka saya harus bekerja, karena dari 6 bersaduara, semuanya masih sekolah dan kuliah, mau tidak mau, saya harus rela menjadi Operator Warnet. Dua tahun menjalani profesi Operator Warnet, ada teman yang menawari saya untuk bekerja di salah satu Perusahaan Farmasi sebagai EDP/Staff IT (Entry Data Processing). Karena saya pada waktu itu sambil menyusun Tugas Akhir, maka saya terima. Kebetulan saya kuliah di STMIK LOGIKA, salah satu kampus yang memberikan kemudahan khusus bagi yang sambil kuliah sambil bekerja. Orang jurusan computer kalau mau menamatkan kuliah, harus mampu membuat riset dan membuat program software agar mampu memudahkan suatu pekerjaan yang manual dengan sistem komputerisasi. Untunglah saya kuliah di tempat kuliah yang menyediakan kemudahan bagi mahasiswa/i-nya yang bekerja dan juga menyediakan kelas malam, sehingga kita dapat kuliah dengan baik dan dapat bekerja dengan professional dibidangnya masing-masing. Jadi, bagi Anda yang ingin kuliah di PTS di Medan, ingin kuliah sambil bekerja, jangan lupa mendaftar di STMIK LOGIKA, karena kampus ini dapat memfasilitasi pekerjaan Anda dengan Kuliah Anda, disini Anda dapat kuliah sesuai dengan jam kosong Anda, dan Anda tidak terlalu terganggu dengan jadwal pekerjaan dan jadwal kuliah Anda, karena jika Anda masuk pagi kerja, Anda dapat mengambil jadwal kuliah Malam. Semoga dengan bekerja dan Kuliah, Anda dapat lebih professional lagi.

akhirnya, setelah kuliah dan wisuda, pekerjaan itu semakin gampang kita raih.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline