Lihat ke Halaman Asli

Agus Wibisono

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945

Pengabdian dalam Bentuk KKN untuk Industri UMKM

Diperbarui: 13 Januari 2022   19:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

  • Secara umum pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu pilar dalam mendukung dan menguatkan pendapatan ekonomi baik secara pribadi, kelompok masyarakat ataupun suatu daerah. 

  • Dalam upaya meningkatkan kemandirian masyarakat yang memungkinkan masyarakat mampu membangun diri dan lingkungannya berdasarkan potensi, keahlian dan kemauan yang keras dari masyarakat itu sendiri maka diperlukan bentuk-bentuk kegiatan pemberdayaan melalui pelatihan -- pelatihan guna mengasah kemampuan setiap masyarakat dalam memulai sektor usaha yang diinginkan. Usaha kecil menengah (UKM) dari waktu ke waktu mengalami perkembangan yang cukup baik. 

  • Para pelaku bisnisnya pun menghasilkan jenis produk yang beragam. Usaha kecil menengah menjadi salah satu terobosan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di tengah-tengah masyarakat untuk mencapai kesejahteraan hidup yang memadai, apalagi di masa sulit pandemi covid-19 ini.
  •             
  • Usaha kecil menengah menjadi penopang perekonomian Indonesia, karena membantu pertumbuhan perekonomian masyarakat. Kemandirian masyarakat seperti para pelaku bisnis UKM ini diharapakn akan mampu mengurangi angka pengangguran jika melihat fakta lapangan pekerjaan yang semakin terbatas dengan jumlah tenaga kerja yang belum terserap terus bertambah. Berbagai jenis produk yang dihasilkan para pelaku bisnis UKM memiliki kualitas. Hal ini dikarenakan keinginan mereka untuk mampu bersaing di pasar. 

  • Sekalipun para pelaku bisnis tersebut bertaraf UKM tetapi mereka mempertimbangkan aspek mutu dan kualitas sebelum barang yang mereka hasilkan akan dipasarkan. 

  • Kondisi persaingan pasar yang kompetitif menjadi aspek yang tidak lepas dari perhatian, mereka harus saling bersaing untuk mampu menjadi yang diminati pasar, belum lagi harus bersaing dengan perusahaan besar. 

  • Keberadaan para pelaku bisnis UKM terssebar banyak di Indonesia, salah satu yang mencuri perhatian penulis adalah pelaku UKM di desa Geluran RT 009 RW 002 Kabupaten Sidoarjo yang menghasilkan olahan kacang goreng. 

  • Pelaku UKM ini merupakan penerus usaha keluarga, dimana mereka ingin mempertahankan sekaligus mengembangkan usaha tersebut. 

  • Berbagai upaya yang dilakukan oleh mereka dalam mempertahankan usaha mengalami berbagai kendala, untuk itu upaya promosi yang ingin kami tingkatkan melalui pemanfaatan media sosial dalam memasarkan kepada konsumen dan calon konsumen diharapkan mampu meningkatkan potensi UKM ini dalam mempertahankan sekaligus mengembangkan usaha tersebut.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline