1. Pastikan lowongan sesuai dengan keahlian / pengetahuan
Lowongan kerja yang dicari hendaknya sesuai dengan keahlian, jika anda seorang marketing atau memiliki passion di dunia marketing, maka lowongan kerja dunia marketing adalah pas untuk anda. Bisa saja anda ingin mencoba di dunia kerja lain misalnya IT, manajemen tapi dasar-dasar hal tersebut sudah anda miliki, paing tidak anda kuasai.
Lowongan kerja bisa dicari melalui web perusahaan, lalu klik karir / career. Biasanya perusahaan akan mencantumkan di laman mereka. Kehadiran kerjanya juga mesti diperhatikan apakah WFH atau WFO atau mix antara keduanya, kota-kota besar relatif macet dan menghabiskan waktu di jalan. Kembali lagi sesuai dengan minat anda
2. Buatlah CV (Riwayat hidup) yang menarik
CV yang bagus dan menarik sudah banyak bertebaran di internet, dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan anda.
Tim HRD akan melihat inti-inti dari informasi pelamar kerja, meraka akan menilai seberapa seefisien waktu yang digunakan dan aktifnya anda dalam kehidupan sehari-hari, apakah ikut organisasi kemasyarakatan dan lain-lain . Keahlian yang anda miliki juga akan dinilai , disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.
Buatlah deskrispsi kerja dengan detail yang telah dilakukan pada CV anda, inilah poin pentingnya.
Jangan lupa menulis subjek pada email sesuai dengan lowongan kerja yang anda minati, misal : Marketing - Putri Ayuni
3. Wawancara kerja
Bersikaplah sopan dan tenang, menjawab pertanyaan dengan santun, terstruktrur. Mereka akan menilai anda orang yang memiliki kepribadian dan dibutuhkan perusahaan.
Tim HRD biasanya akan menawarkan gaji kepada anda. Jangan meminta ketinggian, dan disesuaikan dengan keahlian yang anda miliki serta kemampuan keuangan perusahaan