Lihat ke Halaman Asli

Agus Salim

Milik Pribadi

Meningkatkan Keterampilan dalam Menyajikan Data Menggunakan Microsoft Office

Diperbarui: 30 Oktober 2021   18:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Solear Banten, 24-25 September 2021. Mahasiswa Universitas Pamulang Semester Ganjil 2021/2022 telah melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kegiatan  tersebut bertujuan untuk membantu meningkatkan keterampilan siswa Mts Ishlaahul Ummah dalam menyajikan data menggunakan Software Microsoft Office Word, Exel dan Powerpoint. 

Materi yang disampaikan meliputi pengenalan sampai tahap praktek, hal tersebut bertujuan agar siswa dapat langsung memahami materi yang sudah disampaikan. Secara garis besar materi yang disampaikan berkaitan dengan menu dan berbagai fungsi pada aplikasi tersebut. 

Kegiatan ini didampingi oleh Bapak Iwan Giri Waluyo, S.Kom., M.Kom. sebagai Dosen Pembimbing, Ust. Syairan, S.Pd.I selaku Kepala Sekolah MTs Ishlahul ummah dan tentunya antusias siswa MTs yang mengikuti seluruh rangkaian kegiatan sampai selesai. Ada 28 siswa yang ikut serta dalam kegiatan ini. 

Dengan sambutan dari Kepala Sekolah yang mengingatkan bahwa kegiatan ini dapat memberikan pengaruh besar bagi kehidupan pelajar terlebih bagi pelajar di era digital sperti skarang, dengan sambutan yang disampaikan tersebut membuat siswa-siswa jadi lebih termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran.

Kegiatan berjalan dengan baik dan interaktif dimana siswa berperan aktif dalam menanggapi materi yang kami sampaikan. Pembawaan materi diberikan pemaparan melalui presentasi Powerpoint yang ditampilkan melalui proyektor sehingga membuat siswa lebih mudah untuk mencerna materi beserta contoh gambarannya.

Dokpri

Kegiatan kami lakukaan selama dua  hari, yang mana hari pertama kami memberikan sosialisasi akan pentingnya teknologi bagi era modernisasi, banyak materi yang tersampaikan pada hari pertama seperti mengenalkan tentang manfaat dari Microsoft word untuk mempermudah kegiatan pembelajaran dan exel untuk mempermudah perhitungan data serta Powerpoint untuk mempermudah menyampaikan materi.

Dengan adanya beberapa informasi dari masyrakat sekitar bahwa siswa- siswa tersebut dikatakan kurang mendapatkan asupan materi tentang teknologi yang mana hal tersebut ditakutkan akan mempengaruhi kualitas pelajar pada daerah tersebut.

Dokpri

Dokpri

Hari kedua kegiatan dilakukan di ruang yang berbeda dengan hari pertama, yang mana hari pertama kami lakukan di ruang kelas karna hanya menyampaikan materi saja sedangkan hari kedua kami lakukan kegiatan praktek di ruang lab komputer. Pada kegiatan praktek tersebut kami memberikan simulasi dan contoh kasus yang harus mereka selesaikan dengan menggunakan aplikasi tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline