Lihat ke Halaman Asli

Pesona Savana Afrika di Baluran

Diperbarui: 24 April 2016   20:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Taman nasional baluran merupakan Taman Nasional di Indonesia  yang memiliki keadaan mirip dengan padang Savana di Afrika. Sehingga tidak salah jika Taman Nasional Baluran Memiliki Julukan Afrika Van Java. Secara Administratif Taman Nasional Baluran termasuk wilayah Situbondo, namun jaraknya lebih dekat dari Banyuwangi. Letaknya memang berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Situbondo.  menemukan lokasi Taman Nasional Baluran cukup mudah,  pintu gerbang utamanya yang terletak di jalan Situbondo-Banyuwangi, merupakan akses utama para pengendara dari Jakarta atau Jawa Timur menuju Bali. Bagi Anda yang berkendara dari Surabaya dan akan menuju Pelabuhan Ketapang melalui jalur pantura, tentu akan melewati taman nasional ini.   

Taman Nasional Baluran (TNB) terletak di Desa Wonorejo, Kec. Banyuputih, Kab. Situbondo. Nama Baluran sendiri diambil dari Nama Gunung yang ada di Taman Nasional Ini yaitu gunung Baluran. Daya Tarik utama dari taman nasional ini adalah padang savananya yang sangat luas. Meskipun sebenarnya di taman nasional ini tidak hanya menyuguhkan keindahan padang savanna saja, tetap juga ada beberapa pilihan wisata lain yaitu Hutan Evergreen yang selalu hijau, Pantai Bama, Gua Jepang, Curah Tangis, Sumur Tua, Manting, Dermaga, Kramat, Kajang, Balanan, Lempuyang, Talpat, Kacip, Bilik, Sejileh, Teluk Air Tawar, Batu Numpuk, Pandean atau Candi Bang yang bisa di Kunjungi.

 [caption caption="Sumber : Halopet.com"][/caption]Padang Savana bekol merupakan sebutan untuk padang savanna di TNB ini. DI padang savanna ini pengunjung dapat mengamati keindahan Satwa satwa seperti gerombolan rusa, merak, monyet, bahkan hingga reptilia dan konon jika beruntung bias menemukan spesies kucing besar yang masih ada di sana.

Taman Nasional Baluran memiliki luas 25 ribu hektare dan mempunyai beberapa jenis hutan, satwa, dan tumbuhan. Tidak salah jika Baluran disebut sebagai miniatur hutan Indonesia, sebab hampir seluruh tipe hutan ada di taman nasional ini. Baluran merupakan perwakilan ekosistem hutan yang terdiri dari tipe vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Sekitar 40%  diantaranya merupakan vegetasi savana. 

Tumbuhan yang ada di taman nasional ini sebanyak 444 jenis, di antaranya terdapat tumbuhan asli yang khas dan menarik yaitu widoro bukol, mimba, dan pilang. Di Baluran terdapat 26 jenis mamalia, diantaranya banteng, kerbau, ajag, kijang, rusa, macan tutul, dan kucing bakau. Sebanyak 155 burung juga menggantungkan hidup di hutan ini. Diantara satwa itu, Banteng (bos Javanicus) menjadi maskot taman nasional Baluran.

Akses masuk utama untuk memasuki taman nasional baluran adalah melalui pintu masuk yang ada di jalan Situbondo – Banyuwangi. Untuk bias masuk kedalam, pengunjung akan dikenai biaya tiket sebesar Rp 5 ribu rupiah per orang dan mobil Rp 10 ribu/hari (2015). Dari pintu utama TNB , kita masih harus menempuh perjalanan 12 kilometer untuk mencapai padang savana Bekol. Ketika memasuki TNB, pengunjung akan disambut pemandangan hutan musim yang lebat sepanjang sekitar 5 km. Pada musim kemarau hutan ini selalu kering, terlihat kecoklatan dan rawan terjadi kebakaran. Kemudian setelah hutan musim sekitar 10 Km pengunjung akan disuguhi pemandangan hutan yang selalu hijau dalam segala musim yang disebut dengan hutan Evergreen. Baru kemudian setelah itu tiba di padang savanna beko yang luar biasa indah.

Di Bekol pengunjung akan melihat hamparan padang savana, hutan dan Gunung Baluran. Tampak beberapa pohon besar tumbuh di tengah padang rumput. Savana Bekol sendiri memiliki luas sekitar 300 Ha dari total 10 ribu Ha luas savanna di Baluran, yang sekaligus merupakan savana terluas di Pulau Jawa.

 [caption caption="Sumber : Klikhotel.com"]

[/caption]Pada musim penghujan, pemandangan Bekol akan terlihat berwarna hijau dan suasana sejuk. Namun saat musim kemarau, padang savana dan hutan akan kering dan berwarna kecoklatan dan sering mengakibatkan kebakaran. Suasana seperti itu, ditambah adanya berbagai macam satwa liar, membuat savana Bekol mirip dengan pemandangan padang savanna di Afrika. dari sini kemudian muncul julukan Africa van Java.

Di savana Bekol sesekali Anda akan menjumpai kawanan rusa liar yang melintasi jalan seakan tidak peduli dengan orang berada di sekitarnya. Rusa-rusa itu bergerak secara gerombolan, dan saling menunggu satu sama lain. Selain rusa, Anda juga dapat menjumpai monyet liar, banteng, hingga burung merak. Populasi banteng di Baluran hanya menyisakan belasan ekor. Biasanya mereka muncul pada musim panas untuk mencari makan rumput dan meminum air dari jubangan kubangna yang ada di sekitar savanna.

Di savanna bekol juga terdapat menara pandang setinggi 30 meter yang letaknya di atas bukit tepat di belakang pos Bekol. Untuk mencapainya Anda harus menaki anak tangga beberapa ratus meter. Dari menara pandang ini Anda dapat melihat pemandangan indah Taman Nasional Baluran dari ketinggian. Di sebelah utara ada Gunung Baluran yang dikelilingi hutan lebat, sedangkan di sebelah selatan tampak hamparan savana yang diakhiri dengan lautan luas yang merupakan selat Bali.

Dari savana Bekol perjalanan selanjutnya adalah menuju Pantai Bama yang berjarak sekitar 3 KM. Selama perjalanan Anda akan melewati padang savana dan sedikit hutan. Gerombolan monyet liar akan menyambut Anda sepanjang jalan dan jika beruntung Anda juga akan bertemu biawak. Dibandingkan savana Bekol, pantai Bama memiliki fasilitas yang lebih lengkap dan memadai. Di pantai ini terdapat dua bangunan kantor disertai gudang dan mushola. Termasuk kamar mandi umum untuk bilas bagi pengunjung usai bermain di pantai. Ada dua bangunan penginapan dengan kualitas baik untuk melayani wisatawan. Ada juga bangunan kantin yang rapi dan bersih. Tersedia lapangan parkir berpaving yang juga berfungsi sebagai halaman kantor, seluas 0.5 ha yang bisa menampung bis ukuran sedang. Tersedia juga lokasi permainan outbond.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline