Lihat ke Halaman Asli

W Agung Sutanto

Sambang agar Sambung

Gotong -royong

Diperbarui: 24 Juni 2015   02:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Model  Mendidik

Banyak cara untuk mengenalkan nilai pada anak. Dari sekedar cara mengusahkan barang mainan secara bersama. Ketika dihadapkan sebuah masalah dengan mencari alat untuk bermain bola. Dari sebuah model permaian kelompok akan menjadi berguna  dengan memunculkan beberapa aktifitas bernilai.

urun

Urunan atau bisa disebut patungan merupakan usaha bersama untuk mengangkat beban yang dirasakan berat atau tidak mungkin. Merupakan usaha bersama untuk mengatasi permasalahan bersama untuk diatasi. Sebagai gambaran sederhana semisal anak yang menginginkan bola untuk bermain sepak bola . Mereka mengadakan iuran bersama-sama untuk membeli bola . Dengan rasa kebersamaan mereka dapat mengumpulkan dana yang dipergunakan untuk membeli bola sehingga dapat bermain.

ajar gotong-royong

Semangat perlu dijaga dan di bina. Manfaat yang dapat diambil dari peristiwa itu memberikan pembelajaran bahwa kekuatan kecil dipadukan akan berlipat kekuatannya. Menggabung kumpulan kecil-kecil akan menjadi gumpalan yang besar, dapat menggunung dan menjadi kekuatan yang besar. Pelajarandaya juang yang luar biasa juga dapat menjadi pembelajaran melaih jiwa gotong-royong . Merupakan nilai –nilai luhur yang harus dikembang suburkan agar menjadi penerus bangsa yang arif dan bermoral.

Semoga…




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline