Lihat ke Halaman Asli

W Agung Sutanto

Sambang agar Sambung

Uji Diri dengan Teka-teki..

Diperbarui: 25 Juni 2015   00:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13478532921562607009

[caption id="attachment_199381" align="aligncenter" width="300" caption="doc. pribadi....Master TTS 2012 KR Jogja"][/caption]

Master tts

Mastersebagai simbul nominasi kandidat jawara. Berbagai penjuru kontestan berebut maskot terdepan dan bergengsi. Kemampuan dengan tepat dan cepat menjawab soal yang diajukan. Suatu kesiapan mental dan kemampuan asah otak untuk mengatasi soal. Dari berbagai ilmu tertuang dalam soal, bahasa ,pengetahuan umum, istilah, sebutan, daerah dan masih unik yang lainnya. Terkadang menyangkut katayang unik dan mempunyai daya jebak yang tinggi.

Juara sejati. Sebagai kandidat tertinggi sebuah peringkattertinggi pada ajang komptisi TTS. Dengan tanpa bantuan menebak berupa kamus, hp,internet dilepas sehingafull murnidari hasil olah otak kita. Murni tanpa unsur campur tangan orang lain.

Tak boleh bawa alat bantu. Hanya yang ada dalam otak saja. Dikeluarkan dan dituangkan dalam jawaban yang tersedia. Berarti kita belajar dan belajar terus tak ada hentinya. Agar memori tetap berjalan dan bekerja sepanjang masa. Sebuah metode pengoperasian mesin otak kita. Dilatih dan terus tak ada istilah pembatasan usia dan jenis kelamin. Selagi berakal dan mau itulah langkah yang harus dilakukan. Banyak tokoh tua yang masih aktif dengan sesepuh dan pini sepuh tetap giat dan rajin menempa otaknya. Tetap ekssi walau tanpa alat kamus dan internet. Bahkan bagai kamus hidup, terlihat saat menjawab soal langsung konek dan lolos. Para finalis kebanyakan dari yang tua namun nasalah kecepatan tulis dan transfer ke jawaban lebih cepat yang muda.

Waktu yang terbatas. Pembatasan waktu sangat diperhitungkan. Agar dapat diketahui secara cepat kemampuan dan akurasi jawaban. Pada babk awal 45 menit dengan soal 40 butir. Berikut sesi ke II dengan waktu 30 menit 40 soal. Dan pada babak final demikian juga.

Babak lomba. Ada tiga babak dari yang awal babak penyisihan dengan peserta 400 dibagi 8 pool, setiap pooldiambil 5. Masuk babak semi final 40 orang , diseleksi lagi masuk final 10 orang. Baru yang terakhir diambil siapa yang sebagai master. Tercepat dan akurat.

Hadiah . yang terbesar adalah kepuasan dan kegembiraan. Sebuah ajang yang cukup membuat hati penasaran dan keunikan tersendiri. Ujud hadiah dari benda dan pengakuan. Hadiah sebagai kenangan yang tak ternilai walaupun secara materi tak seberapa. Pengakuan dan ujud apresiasi dari sebuah prestasi. Walau sekedar ucapan dan secara simbolis. Kebetulan saat acara master digelar hadiahnya luar biasa. Lap top ,BB, Door prize dan lain-lain. Ketemu saudara dan kerabat pencinta soal dan olah otak. Luar biasa dari yang tua ,muda ada semua.

Peserta . banyak dari kalangan yang sepuh walaupun yang masih muda juga bayak. Dari penjuru Jogja dan luar. Dari Cirebon, Solo dan Semarang. Masih banyak lagi yang ikut menyemarakkan acara tahunan. Juga dengan hiburan organ tunggal. Dan aneka door prize dari sponsor.

Acara yang meriah dan semarak dengan nuansa kegembiraan. Ajang kreatifitas dalam ajang Master TTS yang digelar Harian Kedaulatan Rakyat, mampu menghadirkan sisi tersendiri bagi masyarakat. Semoga muncul kader muda yang lebih berkualitas daya kreatifitas otaknya. Selamat dan salam jawara.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline