Lihat ke Halaman Asli

Harapan untuk "Indonesia"

Diperbarui: 15 Desember 2016   10:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Baik, pada kesempatan saat ini saya akan megulas lebih luas dan lebih dalam tenang korupsi. Korupsi? Korupsi adalah kelakuan atau tindakan dari para koruptor yang tidak bertanggug jawab yang dapat merugikan bangsa dan negara. Selain itu, korupsi juga dapat membuat nama baik suatu negara menjaddi tercoreng di mata dunia. Namun masi saja banyak para pelaku korupsi atau koruptor yang masih melakukan tindakan tersebut. Entah itu di sengaja atau tidak di sengaja, namun tetap saja jika korupsi di lakukan dengan sengaja atau tidak di sengaja akan dapat membuat masyarakat enggan untuk percaya kembali kepada orang-orang yang melakukan korupsi. Karena sekali saja seseorang melakukan korupsi, pasti orang itu akan mempunyai keinginan unuk melakukannya lagi. Dan banyak faktor yang dapat mebuat seseorang melakukan korupsi. Seperti halnya.

Sifat tamak manusia.

Moral yang kurag kuat.

Gaya hidup konsumtif.

Tidak mau bekerja keras.

Seperti yang ada di atas, itu adalah beberapa faktor yang dapat membuat seseorang melakukan korupsi. Kita harus sadar, kita harus faham bahwa korupsi itu sangat tidak di bolehkan oleh negara dan agama. Jika sudah menyangkut agama, kita mesti dan harus yang namanya menjauhi atau tidak melakukan perbuatan yang di larang oleh agama, tentu salah satunya tindakkan korupsi. Jika kita lihat, tindakan korupsi banyak jenis dan macamnya. Yaitu:

Suap.

Sogok.

Pungli.

Itu semua di lakukan karna berbagai alasan, karna untuk memenangkan tender, lepas dari jeratan hukum, atau lepas dari segala tuntutan. Juga tidak sedikit orang atau pejabat yang melakukan hal sepeti itu, karna hukum di indonesia tersendiri sangat lemah, hukum mudah di beli. Jika kita berkaca pada hukum di negara tetangga, hukum disana sangat tegas, yaitu hukuman mat bagi yang melakukan korupsi. Jika indonesia melakukan hukum itu, maka bukan tidak mungkin korupsi di indonesia populasinya dapat berkurang, syukur kalau sapai tidak aa korupsi. Kara warga di ndonesia atau masyarakat di indonesia sangat geram dengan yang namanya korupsi, mereka berkeinginan memiliki negara yang bersih dari korupsi dan negara yang maju. Mereka juga menginginkan pemimpin yang mempunya nilainilai anti korupsi. Yaitu:

Jujur.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline