Lihat ke Halaman Asli

Agung Suyanto

Mahasiswa Teknik Industri UNTAG Surabaya

Strategi Pemasaran Online pada UMKM Terang Bulan Bu Fatma

Diperbarui: 4 Januari 2022   06:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengertian dari KKN (Kuliah Kerja Nyata) adalah satu dharma atau tugas pokok perguruan tinggi di Indonesia yang wajib dilakukan oleh mahasiswa.Kuliah Kerja Nyata (KKN) muncul dari konsep atas kesadaran mahasiswa sebagai calon sarjana untuk dapat memanfaatkan sebagian waktu belajarnya menyumbangkan pengetahuan dan ilmu yang telah diperolehnya secara langsung dalam membantu memecahkan dan melaksanakan pembangunan di dalam kehidupan masyarakat.

Dari berbagai pengalaman menunjukkan bahwa peranan mahasiswa dalam berbagai kegiatan telah memberikan bukti-bukti serta memperkaya akan arti dan peran mahasiswa sebagai tenaga kerja terdidik dalam berbagai aspek kegiatan pembangunan.

Agung Suyanto adalah salah satu peserta kuliah kerja nyata (KKN) di Universitas 17 agustus 1945 Surabaya dari jurusan Teknik Industri yang dibimbing oleh Bu Dr. Rosalinda Elsina Latumahima, S.H., M.Kn selaku Dosen Pembimbing Lapangan dikelompok KKN R23 . KKN ini dilaksanakan selama 12 hari yang bertempat Medayu Utara Kecamatan Rungkut Kota Surabaya.

Kegiatan KKN yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut yaitu Pendampingan Strategi Pemasaran Online kepada mitra UMKM Terang Bulan Bu Fatma, Medayu Utara Kecamatan Rungkut Kota Surabaya adalah usaha yang membuat produk Makanan Terang Bulan.

Sebagai sebuah usaha yang bergerak di bidang industri kuliner kecil menengah , UMKM Terang Bulan Bu Fatma melakukan berbagai upaya guna meningkatkan produktifitas penjualan.

Dalam mencapai penjualan yang maksimal sebuah produk yang dihasilkan harus memiliki keunggulan dari produk-produk yang lain. Oleh karena itu muncul lah gagasan untuk membantu memasarkan serta memprpomosikan produknya dengan mendaftrkan aplikasi media sosial & E-Commerce seperti GoFood-GrabFood-ShopeeFood

UMKM Terang Bulan Bu Fatma belum memiliki akun sosial media sosial dan nama untuk produknya. Dan juga belum pernah mempromosikan lewat media sosial dimana hanya menerima pesanan dari tetangga / pesanan secara offline. Saya ingin membantu usaha mbak jumini melalui aplikasi digital supaya memili jangkauan yang lebih  luas.

Bu Fatma selaku pemilik UMKM Terang Bulan ini merasa sangat terbantu untuk mempromosikan produk Terang Bulannya ke media sosial karena sebelumnya hanya di jual ke tetangga. sehingga dari terbentuknya promosi lewat media sosial ini di harapkan bisa membantu penjualan agar lebih banyak pesanan dan masyarakat luar bisa mengenal lebih jauh produk makanan yang di produksi oleh UMKM Terang Bulan Bu Fatma.
Berikut beberapa macam-macam hasil produk yang dibuat oleh UMKM Terang Bulan Bu Fatma.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline