Lihat ke Halaman Asli

Dewa Ayu Agung Ratih Pratiwi

Mahasiswi Prodi Ilmu Hukum, Universitas Mataram

KKN-PMD Unram Adakan Sosialisasi Mewujudkan Ekonomi Hijau melalui Penanaman Pohon yang Berkelanjutan di Dusun Tibu Lilin, Jembatan Kembar Timur

Diperbarui: 30 Juli 2024   20:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto bersama setelah sosialiasi pada Kamis/dokpri (11/07/2024)

KKN-PMD UNRAM Adakan Sosialiasi Mewujudkan Ekonomi Hijau Melalui Penanaman Pohon yang Berkelanjutan di Dusun Tibu Lilin, Jembatan Kembar Timur


Desa Jembatan Timur, Lombok Barat- Penanaman pohon yang dilakukan di Dusun Tibu Lilin, Desa Jembatan Kembar Timur, Kabupaten Lombok Barat sukses menarik perhatian para warga yang ada di dusun tersebut. Kegiatan sosialiasi ini dilaksanakan pada Kamis (11/07/2024), dihadiri oleh masyarakat desa, aparat desa, dan kader desa Dusun Tibu Lilin, Jembatan Kembar Timur. Pihak BPDAS NTB yang diwakili oleh Ibu Zulianti, SP, M.Si. turut berkontribusi menjadi pembicara dalam kegiatan ini.

Materi yang disampaikan dalam sosialiasi ini mencakup pemahaman tentang reboisasi, dan langkah-langkah dalam melakukan penghijauan Dalam sebuah inisiatif yang menunjukkan komitmen terhadap keberlanjutan lingkungan masyarakat Desa Jembatan Kembar Timur, khususnya Dusun Tibu Lilin mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mataram menginisiasi program penanaman pohon yang berfokus pada ekonomi hijau. Melalui program ini, mereka berupaya untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, dan untuk menciptakan lingkungan yang asri. 

Dalam hal ini pihak BPDAS NTB memberikan dukungan penuh dalam penyediaan bibit, dengan menyediakan 1000 bibit tanaman. 

Program ini bukan hanya sekedar menanam pohon, tetapi juga membangun kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan. Kegiatan ini melibatkan partisipasi dari masyarakat desa, yang dilibatkan untuk menjadi agen perubahan dalam mendukung keberlanjutan lingkungan mereka sendiri. 

Berbagai jenis pohon ditanam, seperti mahoni, jati putih, kayu putih, tabe buya dan jamplung, dimana jenis tanaman tersebut dapat tumbuh di tanah yang kering, menghambat terjadinya longsor dan dapat mensuplai penyediaan air di dalam tanah. Kegiatan yang merupakan salah satu program utama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mataram juga turut mengundang mahasiswa Kuliah Kerja Partisipan (KKP) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram yang turut mendukung kelancaran acara. Bapak H. Masnul Tauhid selaku Kepala Dusun Tibu Lilin Desa Jembatan Kembar Timur, menyampaikan apresiasinya terhadap peran penting mahasiswa dalam mendukung kegiatan ini. 

“Inisiatif mahasiswa KKN dalam kegiatan penanaman pohon di dusun ini patut diapresiasi, semoga hal ini kedepannya bisa terus berkelanjutan dan dapat menjadi contoh bagi masyarakat kami, dan mari masyarakat Tibu Lilin untuk aktif mengikuti sosialiasi dan mendukung mendukung penuh desa terhadap program ini, ungkap Bapak H. Masnul Tauhid, Kamis (11/07/2024) Ilham Ananda Krista Adi, Selaku Ketua Kelompok KKN-PMD Unram 2024 Desa Jembatan Kembar Timur, mengungkap kebanggannya dapat terlibat dalam program yang dapat memperluas dan mengingatkan kesadaran akan pentingnya kelestarian lingkungan.

“Upaya yang kami lakukan dalam menyebarkan informasi meliputi pemberian materi oleb Ibu Zulianti dari BPDAS NTB, diskusi, dan tanya jawab,” ujar Nanda saat memberikan keterangan (11/07/2024) Tidak hanya itu, selain melakukan sosialiasi, mahasiswa KKN-PMD UNRAM juga turun langsung untuk melakukan penanaman pohon didampingi oleh pihak BPDAS NTB dan beberapa masyarakat Desa Tibu Lilin. 

Dan tindak lanjutnya berupa monitoring dan evaluasi yang dilakukan secara rutin setiap minggunya. Antusiasme masyarakat terhadap sosialiasi ini cukup tinggi, terlihat dari beberapa pertanayaan yang diajukan oleh beberapa peserta dan kepala dusunnya juga. Mahasiswa juga melakukan pendekatan secara langsung yaitu dengan langsung menjemput para warga khususnya ibu-ibu yaitu langsung datang ke rumahnya.

 Mahasiswa KKN-PMD UNRAM berharap masyarakat Dusun Tibu Lilin akan lebih sadar terkait pentingnya penghijauan (reboisasi) dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Melalui langkah-langkah ini, mahasiswa KKN UNRAM telah berkontribusi di Desa Jembatan Kembar Timur dalam menciptakan ekonomi hijau berkelanjutan dan mengambil langkah positif dalam menciptakan ljngkungan yang lestari.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline