Lihat ke Halaman Asli

Agung MSG

TERVERIFIKASI

Wiraswasta

Menggapai Kesempurnaan dalam Setiap Amal: Ini Tiga Rahasia Utamanya

Diperbarui: 3 Agustus 2024   09:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Segera berbuat baik, anggap kecil, dan sembunyikan dari manusia. Ikhlas karena Allah adalah kuncinya. Itulah keindahan amal. | Foto: playground.com

Dalam perjalanan hidup manusia, berbuat baik adalah salah satu kewajiban yang diemban oleh setiap insan beriman. Namun, dalam melaksanakan perbuatan baik, terdapat kesempurnaan yang hanya dapat dicapai dengan tiga perkara.

Hal ini diungkapkan oleh Ja'far bin Muhammad kepada Sufyan Ats Tsauri rahimahullah dalam sebuah nasihat yang penuh hikmah: "Tidaklah sempurna perbuatan baik kecuali dengan tiga perkara: segera mengerjakannya, menganggapnya sebagai amalan yang kecil, dan menyembunyikannya dari manusia" (Hilyatul Auliya': 3/198).

Segera Mengerjakannya

Perbuatan baik yang tertunda seringkali kehilangan esensi dan keikhlasannya. Seperti yang diungkapkan dalam Al-Qur'an, "Bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu.." (QS. Ali Imran 3: 133).

Menunda-nunda kebaikan adalah salah satu bentuk kelalaian yang dapat mengurangi pahala dan keberkahan dari amal tersebut. Oleh karena itu, setiap kali kita memiliki kesempatan untuk berbuat baik, hendaklah kita segera melakukannya tanpa ragu.

Menganggapnya sebagai Amalan yang Kecil

Kesombongan adalah penyakit hati yang dapat merusak amal ibadah. Rasulullah SAW bersabda, "Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya ada kesombongan sebesar biji sawi" (HR. Muslim).

Oleh karena itu, dalam setiap perbuatan baik yang kita lakukan, hendaknya kita menganggapnya sebagai sesuatu yang kecil, meskipun pada kenyataannya perbuatan itu besar. Sikap ini akan menjaga hati kita dari kesombongan dan membantu kita tetap rendah hati di hadapan Allah SWT.

Menyembunyikannya dari Manusia

Keikhlasan adalah inti dari setiap ibadah. Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya Kami menurunkan Al Qur'an kepadamu (Muhammad) dengan membawa kebenaran. Maka, sembahlah Allah dengan tulus ikhlas beragama kepada-Nya" (QS. Az-Zumar 39: 2).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline