Lihat ke Halaman Asli

Agung MSG

TERVERIFIKASI

Wiraswasta

Tak Ada yang Abadi: Jejak Baik Warisan Positif Harus Kita Persiapkan

Diperbarui: 23 Maret 2023   05:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Warisan terbaik yang kita tinggalkan adalah sesuatu yang bernilai, membawa bahagia dan bermakna | Unsplash.com

Hidup di dunia ini begitu singkat. Dunia terus berubah dengan cepat. Lalu, jejak positif apa yang akan kita tinggalkan di dunia ini. Pernahkah kita memikirkan warisan positif apa yang ingin kita tinggalkan saat kita telah tiada. Baik untuk diri sendiri, keluarga keluarga tercinta, masyarakat, maupun untuk lingkungan di mana kita tinggal.

Terjebak dalam rutinitas sehari-hari yang sibuk, seringkali membuat kita lupa untuk memikirkan masa depan. Sadari ini, bahwa setiap tindakan kita itu akan memberikan dampak besar. Baik bagi lingkungan, keluarga, maupun untuk dunia di mana kita hidup.

Saatnya kita menyadari untuk dapat meninggalkan jejak positif dari diri kita. Sebuah warisan terbaik yang dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi orang lain serta lingkungan sekitar.

Lalu, apa yang harus kita persiapkan untuk meninggalkan jejak positif di dunia ini ? Bagaimana kita  mempersiapkan warisan terbaik dari diri kita ? Warisan yang dapat memberikan manfaat yang besar bagi orang lain setelah kita tiada.

Karena itu, mari kita mulai mempersiapkan 12 warisan terbaik kita dengan berbagai cara. Ingatlah bahwa tak ada yang abadi di dunia ini. Jadi, mari kita memikirkan masa depan dan meninggalkan jejak positif untuk generasi selanjutnya. Ingat-ingatlah ini, bahwa ini adalah 12 warisan terbaik yang bisa kita tinggalkan. Untuk dunia yang lebih baik, beradab, membawa bahagia, mulia, dan bermakna.  

1. Sedekah atau Harta yang Dimanfaatkan untuk Kebaikan

Sedekah adalah salah satu amalan yang paling dianjurkan dalam kehidupan. Sedekah dapat berupa harta yang kita berikan kepada orang yang membutuhkan. Bisa juga dengan membantu organisasi atau lembaga yang bergerak dalam bidang sosial, pendidikan, atau kemanusiaan. Warisan berupa sedekah akan memberikan kebaikan yang berkelanjutan. Khususnya bagi orang-orang yang membutuhkan, dan dapat mengubah kehidupan mereka.

2. Ilmu yang Bermanfaat

Ilmu bermanfaat memperkaya hidup kita dan orang lain. Kita bisa belajar dari berbagai sumber seperti buku, pengalaman, atau orang lain. Namun, yang terpenting adalah menerapkan ilmu tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan mengajarkan ilmu bermanfaat, kita dapat membantu banyak orang mencapai potensi terbaik mereka dan memberikan manfaat bagi masyarakat secara keseluruhan. Sebagai guru, pengajar, atau mentor, kita dapat memberikan warisan terbaik dengan memberikan ilmu yang bermanfaat bagi orang lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline