Divisi layanan pelanggan adalah divisi penting dalam industri logistik. Mungkin melelahkan untuk menangani operasional sehari-hari, proses slot, dan menangani permintaan. Masalah komunikasi manajemen rantai pasokan dapat menyebabkan masalah yang mengganggu seluruh pengiriman atau alur kerja. Keterlambatan komunikasi dapat mengakibatkan reaksi berantai dari masalah pada rantai pasokan perusahaan logistik, menurunkan efisiensi, dan meningkatkan biaya.
Keterlambatan komunikasi dapat berdampak serius pada rantai pasokan, menurunkan dan mengurangi profitabilitas serta produktivitas untuk bisnis. Otomatisasi tidak diragukan lagi menjadi semakin diperlukan. Dan otomatisasi menjadi lebih sederhana dengan teknologi chat dan percakapan yang didukung AI (kecerdasan buatan).
Anda dapat mengotomatiskan interaksi layanan pelanggan, proses transaksi, dan tugas relevan lainnya dengan platform conversational AI (percakapan otomatis dengan teknologi AI). Aplikasi percakapan berteknologi kecerdasan buatan dapat membantu bisnis transportasi dan logistik dalam meningkatkan efisiensi dan menurunkan biaya selain meningkatkan pengalaman pelanggan dan memenuhi harapan konsumen yang tinggi. Bila digunakan dengan benar, aplikasi AI percakapan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, memberi perusahaan T&L keunggulan kompetitif, dan membantu retensi dan akuisisi klien baru. Dengan menggunakan AI percakapan, penyedia layanan logistik dapat meningkatkan kepuasan dan efisiensi pelanggan sekaligus memangkas biaya.
Asisten virtual cerdas (intelligent virtual assistants / IVAs) dan aplikasi AI percakapan lainnya dapat digunakan untuk mengimplementasikan fitur layanan mandiri otomatis termasuk pemantauan real time, pemberitahuan keluar (outgoing notifications), dan pengalaman omnichannel yang disesuaikan untuk setiap klien.
Sederhanakan Komunikasi Antara Perusahaan dan Pelanggan
Dengan menghilangkan interupsi dari interaksi pelanggan, solusi conversational AI di sektor logistik meningkatkan alur kerja. Teknologi AI percakapan memantau dengan cermat semua hubungan pelanggan untuk secara otomatis mengevaluasi interaksi pengguna dan menurunkan risiko operasional.
Komunikasi real-time yang dimungkinkan oleh enterprise messaging memungkinkan manajemen dan staf untuk bereaksi cepat terhadap kondisi sektor logistik yang terus berubah. Aplikasi seluler seperti pesan instan perusahaan dapat membantu mengoordinasikan operasional. Karena ada begitu banyak komponen yang bergerak, solusi seluler memungkinkan tim untuk mengotomatiskan aktivitas bisnis dan komunikasi penting untuk merampingkan manajemen logistik, menjamin kontinuitas alur kerja, dan mempertahankan jadwal. Mobilitas menawarkan solusi dengan merampingkan komunikasi logistik dan menyelesaikan masalah utama yang dihadapi bisnis dan perusahaan dalam ekonomi global.
Perusahaan yang berspesialisasi dalam logistik dapat mempercepat rantai pasokan dengan menyelesaikan masalah komunikasi dari masa lalu yang mungkin memperlambat mereka. Satu masalah komunikasi mungkin memiliki efek domino dan sepenuhnya mengganggu pengiriman atau seluruh operasi, dari manajemen armada hingga pengadaan persediaan. Personil rantai pasokan dapat menggunakan solusi komunikasi percakapan berteknologi AI untuk meningkatkan kecepatan dan kemampuan beradaptasi komunikasi logistik demi mengurangi masalah ini.
Apa yang Dilakukan Chatbot?
Chatbots sangat baik dalam layanan pelanggan dalam hal logistik. Karena chatbot mungkin menyarankan perbaikan potensial untuk berbagai masalah klien, chatbots menawarkan dukungan operasional dalam bentuk dukungan percakapan. Dengan menyederhanakan prosedur untuk klien Anda, chatbot dapat berfungsi sebagai asisten selama proses pembelian dan mempercepat prosesnya. Setelah kebutuhan mereka diketahui, chatbot mampu menawarkan ide dan solusi untuk membantu pelanggan menciptakan strategi berbelanja yang sempurna.