Lihat ke Halaman Asli

Agung Jayadi

Chatbot API

6 Alasan Mengapa Brand, Bisnis, dan Perusahaan Membutuhkan Google Business Messages di 2023

Diperbarui: 29 Oktober 2022   09:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kita semua sekarang lebih suka mengirim pesan daripada bentuk komunikasi lainnya. Baik itu untuk terhubung dengan orang yang kita cintai, teman dekat, atau bahkan klien kita yang paling terhormat. Untuk alasan yang sangat sederhana---cepat, nyaman, dan menghemat waktu---aplikasi perpesanan adalah tempat kami mencoba berinteraksi dengan orang-orang pada awalnya. Oleh karena itu, pesan telah berkembang menjadi ekspektasi pasar yang jelas. Konsumen mengharapkan brand & perusahaan untuk menyediakan layanan melalui pesan karena konsumen ingin berinteraksi dengan brand & perusahaan melalui itu. Tidak mengherankan bahwa banyak penelitian menemukan hal yang sama:

  • 75% orang sekarang lebih suka menggunakan channel pesan pribadi untuk berinteraksi dengan brand & perusahaan daripada yang lebih konvensional.
  • Jika orang dapat mengajukan pertanyaan secara real-time saat melakukan pembelian, 72% pembeli akan melakukannya secara online.
  • 76% dari mereka yang disurvei tertarik untuk melakukan pembelian melalui pesan atau chat.

Jika Anda belum melakukannya, Anda harus mulai mengembangkan kemampuan percakapan di platform perpesanan terkenal sebagai pemimpin pemasaran atau perusahaan. Seiring dengan WhatsApp dan Instagram,Google Business Messages harus menjadi fokus utama Anda. Mengapa? Karena produk Google seperti Google Penelusuran, Google Maps, dan Google Phone Phone telah menjadi bagian penting dari kehidupan pelanggan Anda dengan lebih dari 3 miliar ponsel pintar Android aktif di seluruh dunia setiap bulannya. Selain itu, Google Business Messages memungkinkan bisnis & perusahaan Anda memulai diskusi dengan klien di semua channel Google ini dan banyak lagi. Mari kita coba pemahaman menyeluruh tentang ini.

Apa itu Google Business Messages (GMB)

Sesuai namanya, Google Business Messages adalah platform perpesanan yang memungkinkan bisnis & perusahaan berkomunikasi dengan klien mereka melalui teks. Kemampuannya untuk menghubungkan pengguna dengan brand dari Produk Google seperti pencarian Google, Google Maps, dan dialer Google Phone membuatnya unik dari layanan perpesanan lain di pasar seperti WhatsApp, Instagram, atau RCS. Dengan membuat perusahaan dapat diakses oleh konsumen pada saat mereka membutuhkan, channel tersebut membantu meningkatkan kepuasan pelanggan. Dan berkat otomatisasi Gupshup -- penyedia whatsapp API terbaik - untuk proses dukungan dan perdagangan, bisnis & perusahaan sekarang dapat menyediakan siklus pelanggan penuh secara langsung melalui Google Business Messages.

Ada Enam Alasan untuk Menggunakan Google Business Messages Pada Tahun 2023

1. Jangkau Klien melalui Google Penelusuran

Google menerima lebih dari 5,4 miliar pencarian per hari. Brand & perusahaan sekarang dapat memulai diskusi dengan pelanggan mereka setiap kali mereka melakukan pencarian Google untuk barang atau jasa mereka, ketika sebelumnya mereka hanya dapat berpartisipasi dalam pencarian ini dengan mengetik halaman web yang bersangkutan.

Pertimbangkan ini: Pelanggan biasanya menggunakan penelusuran Google untuk membeli atau mempelajari lebih lanjut tentang produk atau layanan. Brand & perusahaan dapat memberikan nilai tambah kepada pelanggan mereka dengan memberikan opsi live chat di halaman hasil pencarian dan menanggapi pertanyaan apa pun yang mungkin mereka miliki secara real time. Hasilnya, Anda dapat yakin akan CSAT yang lebih besar, afinitas brand & perusahaan yang meningkat, dan penciptaan koneksi yang disesuaikan dengan pelanggan.

1-connect-with-customers-from-google-search-635c884108a8b579e55f9e32.png

2. Berikan Pengalaman Perpesanan Terintegrasi

Brand & perusahaan dapat memberikan pengalaman pengiriman pesan yang lancar berkat Google Business Messaging. Tidak hanya melalui pencarian Google, tetapi juga dari sumber daya seperti Google Maps (yang memiliki 154,4 juta pengguna aktif bulanan), Google Phone, dan sumber daya milik brand & perusahaan seperti situs web dan aplikasi, memungkinkan pemasar memulai percakapan dengan pelanggan mereka. Ini menghasilkan lebih sedikit hambatan bagi pelanggan untuk diatasi saat menghubungi bisnis & perusahaan dan pengiriman pesan tanpa gesekan di semua titik akses. Selain itu, pengiklan dapat memperluas pengalaman perpesanan yang dirancang untuk Google Business Messages di channel lain seperti WhatsApp dan Instagram berkat API perpesanan (messaging API) canggih dari Gupshup -- penyedia Instagram API terbaik -.

2-googl-s-business-messages-empowers-your-brand-635c8850d5af03308d670b92.png

3. Gunakan Rich Media untuk Menarik Pelanggan
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline