Lihat ke Halaman Asli

Agung Jayadi

Chatbot API

Raih Keterlibatan Pelanggan Langsung dengan Google Business Messaging API

Diperbarui: 4 Oktober 2022   21:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: Gupshup.io 

Google telah berperan dalam sebagian besar kehidupan sehari-hari kita. Google menyediakan semua solusi, mulai dari mencari toko es krim terdekat sampai mempelajari berita selebritas.

Berikut adalah sejumlah fakta tentang Google:

  • Mencapai 85,55% pangsa pasar global pada Desember 2021.
  • Memiliki nilai pasar di Indonesia sebesar 94,19%.
  • Memiliki 1,3 triliun pencarian setiap tahun dan sekitar 40.000 pencarian per detik.
  • Menanggapi 5,6 miliar kueri harian, menurut Hubspot
  • Pada Q2 2019, pengeluaran untuk biaya akuisisi traffic melebihi $7 miliar.
  • Pada Februari 2022, 89,3 miliar kunjungan dilakukan.
  • Di AS, ada 246 juta pengguna unik.

Tidak ada keraguan bahwa klien lebih cenderung mencari perusahaan Anda di Google. Pengenalan Google Business Messaging telah mempermudah perusahaan untuk berkomunikasi dengan klien mereka. Ini memungkinkan pengguna Google Penelusuran dan Google Maps untuk mengirim pesan kepada Anda secara langsung. Hari-hari yang mengharuskan pelanggan mengunjungi situs web Anda untuk mengirim pesan kepada Anda sudah lama berlalu. Anda harus mempertimbangkan untuk memanfaatkan kemampuan Google Business Messaging API jika Anda ingin meningkatkan strategi interaksi klien Anda.

Postingan blog ini akan membahas semua detail penting dari Google Business Messaging dan bagaimana hal itu meningkatkan keterlibatan pengguna di Google Penelusuran dan Google Maps.

Siapa yang Harus Diberi Akses ke Google Business Messaging API?

Google menawarkan kemampuan Pesan Bisnisnya kepada Anda dalam dua cara berbeda. Satu metode menggunakan Profil Bisnis Google (Google Business Profile), dan metode lainnya menggunakan API Pesan Bisnis Google (Google's Business Messages API). Untuk perusahaan kecil lokal, Profil Bisnis Google sudah sesuai. Business Messaging API Google, di sisi lain, sangat ideal untuk Anda jika Anda menjalankan bisnis nasional yang besar atau ingin meningkatkan kemampuan chat bisnis Anda. Anda dapat dengan mudah Google's Business Messages API dengan chatbots setelah Anda menambahkannya ke platform komunikasi untuk melakukan percakapan bisnis yang cerdas dengan klien Anda. Komunikasi perusahaan Anda dapat diotomatisasi dengan lebih mudah.

Pencarian Google Diubah Menjadi Peluang Komersial

Google Business Messaging API mendukung dialog dua arah individual dengan klien Anda dengan memungkinkan mereka menghubungi Anda melalui channel pilihan mereka, termasuk SMS, Telegram, WhatsApp, dan banyak lainnya. Mari kita periksa beberapa alasan mengapa Google Business Messaging sangat penting untuk meningkatkan keterlibatan klien melalui pencarian Google:

  • Google Business Messaging memberi klien Anda cara yang lebih langsung untuk memulai interaksi penting. Cukup klik tombol "Pesan" yang ditampilkan kepada mereka di hasil pencarian yang akan dilakukan. Akibatnya, tim layanan pelanggan memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada masalah pelanggan yang sulit daripada menerima pesan untuk pertanyaan rutin. Namun, ada beberapa aturan standar yang harus diikuti oleh perusahaan yang menggunakan Google Business Messaging:
  • Berikan prioritas untuk melindungi data pribadi pelanggan Anda, seperti kata sandi dan detail kartu kredit. Hindari membahas topik sensitif dengan konsumen selama diskusi.
  • Hindari pemasaran tentang layanan atau produk yang tidak terkait dengan pembahasan awal. Jangan terlalu sering menggunakan URL dan emoji dalam tanggapan Anda.
  • Untuk menumbuhkan kepercayaan bisnis, pastikan untuk menanggapi pesan dalam waktu 24 jam.
  • Jangan pernah memberikan informasi palsu tentang bisnis Anda, barang Anda, atau layanan Anda.
  • Pelanggan di era modern ini menuntut informasi sekaligus. Anda dapat mendukung rich media menggunakan Google Business Messages. Berbagi saran barang atau jasa menjadi lebih mudah menggunakan carousel, brosur perusahaan, dan panduan pengguna.
  • Banyak bisnis menggunakan integrasi chatbot untuk menangani kesulitan layanan pelanggan yang sering terjadi. Anda dapat menggunakan platform Google chat untuk menggunakan conversational AI dan kekuatan asisten virtual dan chatbot untuk memberi konsumen Anda bantuan sepanjang waktu.

Pesan Bisnis di Google Maps

Bayangkanlah menjadi pemilik restoran saat calon pelanggan menggunakan Google Maps untuk mencari restoran di area tersebut. Apakah Anda tahu bagaimana membedakan diri Anda dari kompetitor untuk menarik pelanggan?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline