Lihat ke Halaman Asli

Kurikulum untuk Negeriku

Diperbarui: 19 Juli 2022   22:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Mungkin sedikit suara hati kami yang ada di pelosok negeri bumi Borneo dengan segala kemewahan sumber alamnya tetapi banyak masalah yg mengikutinya. Terutama saya sebagai pendidik akan sedikit curhat tentang pendidikan atau mngkin khususnya proses pembelajarannya.

Kami di yg ada di pelosok negri ini dituntut untuk melaksanakan kurikulum MERDEKA, tetapi bagaimana kami akan melaksanakannya jika waktu pandemi covid kemarin saja pembelajaran di sekolah kami kalang kabut karena tidak terpenuhinya sarana prasarana seperti jaringan. Bagaimana kami akan merasakan kemerdekaan belajar jika semua beban ini masih menggelayut di pundaknya kami??

Apakah semua harus disama ratakan untuk semua karekter daerah yg berbeda beda?sedangkan dipelaksanaan pendidikan saja harus membedakan tindakan terhadap siswa yang memiliki karakter yang homogen.

Pertanyaan besar saya adalah akankah kita menjadi merdeka belajar dengan kurikulum merdeka, atau malah menjadi terpenjara dengan semua aturan aturan baru dan tuntutan tuntutan baru.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline