Lihat ke Halaman Asli

Minimnya Iklan Sosial Lingkungan pada Pertelevisian Tanah Air

Diperbarui: 24 Juni 2015   04:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hiburan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Banyak iklan yang bermunculan di televisi, dari iklan acara, iklan komersil, iklan sosial,  iklan layanan masyarakat, hingga iklan paratai politik. namun dari banyak iklan tersebut, iklan sosial merupakan iklan yang paling sulit ditemukan di televisi belakangan ini.
Iklan sosial pun ada beragam jenisnya, dari pendidikan, kesehatan, dan lingkungan. iklan pendidikan dan kesehatan masih dapat kita jumpai di televisi-televisi negeri, iklan tersebut sudah sangat sulit ditemui di televisi swasta yang sekarang lebih mementingkan iklan komersil untuk mendapatkan sokongan dana demi kelanjutan pertelevisian mereka.
Iklan sosial sudah sangat sulit ditemukan sekarang ini, padahal iklan sosial sangat penting untuk masayarakat, pesan-pesan yang terkandung dalam iklannya dapat membantu menambah pengetahuan masyarakat akan suatu hal, terlebih lagi iklan sosial tentang pentingnya menjaga lingkungan sekitar. Permasalahan lingkungan sendiri masih menajdi salah satu permasalahan yang masih belum bisa diatasi oleh kita. kejadian seperti tanah longsor dan banjir masih sering terjadi di berbagai pelosok negeri ini.
Tidak pekanya masyarakat akan lingkungan sekitar adalah salah satu penyebab utama bencana seperti banjir dan longsor sering terjadi. Mulai dari pembuangan sampah sembarangan, pengeluaran limbah pabrik ke sungai, hingga penebangan pohon secara ilegal merupakan contohnya. hal-hal buruk seperti itu seperti sudah menjadi darah daging bagi masyarakat kita, sudah menjadi kebiasaan sehari-hari yang rutin dilakukan. Mereka tidak berpikir jauh akibat dari perbuatan yang mereka lakukan.
Di sisi lain pemerintah juga ikut serta juga dalam permasalahan ini, pemerintah kurang sigap dalam melakukan berbagai upaya dalam mendangulangi permasalahan bencana alam ini. Sosialisasi pun masih jarang dilakukan, padahal sosialisasi adalah salah satu cara untuk menimbulkan kepekaan masyarakat akan lingkungan sekitar. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memberitahukan kepada seluruh masyarakat tentanag pentingnya menjaga lingkungan.
Iklan-iklan sosial pada televisi sebenarnya cukup efektif, namun sayang belakangan ini sudah sangat jarang bahkan hilang iklan tersebut di pertelivisian tanah air. mulai berkembangnya dunia bisnis dan industri membuat semakin banyaknya iklan komersil untuk mempromosikan barang dan jasa mereka. Apalagi belakangan ini mulai tumbuh iklan-iklan partai politik yang digunakan oleh pihak-pihak tertentu untuk keuntungan dirinya sendiri.
Iklan sosial sebenarnya masih dapat disaksikan, namun hanyak dibeberapa stasiun televisi saja. komunitas-komunitas televisi kampus, televisi daerah, dan televisi negeri merupakan stasiun televisi yang masih sering menayangkan iklan-iklan sosial tersebut. namun masih sedikitnya jumlah penonton membuat permasalahan ini masih belum mengalami perkembangan positif dimasyarakat.
Banyaknya pertelivisian swasta seharusnya dapat membantu pemerintah dalam mengiklankan iklan sosial tersebut. karena semakin sering dan banyaknya iklan sosial ditayangkan ditelevisi swasta yang dimana penontonnya sangat banyak setidaknya dapat menimbulkan kepekaan masayrakat terhadap lingukungan sekitarnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline