Lihat ke Halaman Asli

Agung Tri Febrianto

Mahasiswa PKTJ Tegal

Bukan Surat Cinta, tapi Surat dari Praha

Diperbarui: 30 November 2022   12:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Visinema Pictures via rappler.com

Film Surat dari Praha menceritakan tentang seorang anak perempuan bernama Larasati yang berusaha untuk memenuhi wasiat ibunya, Larasati diperankan oleh Julie Estelle. Sulastri adalah ibu dari Larasati, diperankan oleh Widyawati. Sebelumnya, Sulastri dan Larasati mempunyai hubungan yang kurang baik sebagai ibu dan anak.

Larasati merasa bahwa ibunya sangat cuek kepadanya. Akan tetapi, dalam hati Sulastri itu sama sekali tidak benar. Sampai suatu ketika, sebagai anak tunggal, Larasati meminta rumah milik Sulastri (ibunya) untuk diberikan kepadanya, tapi Ibunya yang berada di rumah sakit tidak bisa berkata apa-apa.

Setelah ibunya meninggal, Larasati diberikan tugas untuk memenuhi wasiat jika ingin memiliki rumah ibunya itu, Larasati diberikan tugas untuk mengantar sebuah kotak yang didalamnya berisi surat-surat untuk Jaya (Tio Pakusadewo) di Praha.

Sesampainya di tempat Jaya, Larasati tidak disambut dengan baik. Jaya sempat menolak menerima surat dari Sulastri dan menandatangi bukti wasiat sudah diselesaikan. Pertemuan mereka bahkan berujung dengan pertengkaran.

Larasati akhirnya mengetahui bahwa Jaya adalah mantan tunangan ibunya yang tidak bisa menikahinya dan kembali ke Indonesia. Hal itu karena adanya perubahan situasi politik di Indonesia yang membuat Jaya tinggal di Praha untuk selamanya.

Mengetahui hal itu, Larasati menuduh bahwa Jaya dan surat-suratnya yang dikirim kepadanya adalah penyebab keluarganya tidak harmonis. Larasati dengan emosi mengatakan bahwa Jaya yang membawa hal buruk di kehidupannya. Termasuk almarhumah ayah Larasati yang sudah wafat lebih dulu.

Jaya pun tidak mau dituduh seperti itu oleh anak mantan tunangannya ini. Jaya menjelaskan kejadian yang sebenarnya kenapa dia tak bisa pulang. Jaya sebagai seorang mahasiswa ikatan dinas di Praha yang menentang pemerintahaan Orde Baru, keputusannya ini membuat Jaya kehilangan kewarganegaraan.

Jaya berusaha untuk berdamai dengan masa lalu, mengikhlaskan semua yang terjadi. Pada akhirnya Jaya menandatangi bukti wasiat tersebut. Meski demikian di hidup Jaya, Sulastri tetap jadi satu-satunya seorang wanita yang dia cintai. Di masa tuanya pun, Jaya masih mencintai Sulastri dan tidak menikah dengan wanita lain.

Di film ini hanya terdapat empat tokoh penting saja. Empat tokoh penting tersebut adalah Julie Estelle (Larasati), Tio Pakusadewo (Jaya), Widyawati (Sulastri), dan Rio Dewanto (Dewa), barista di Praha asal Indonesia. Menariknya keempat tokoh ini saling berhubungan satu sama lain, apabila kurang satu saja maka bisa berdampak bagi alur cerita fim Surat Dari Praha. Meskipun di awal pertemuaan Jaya dan Larasati berujung dengan pertengkaran. Akan tetapi, setelah berjalannya waktu, Jaya menjelaskan siapa dirinya yang sebenarnya.

sumber gambar : https://assets2.rappler.com/612F469A6EA84F6BAE882D2B94A4B421/img/25A6D3026F8340F4BA55F9884EA390BC/surat-dari-praha.jpg




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline