Lihat ke Halaman Asli

Exceed Your Vision = Berbuat yang Terbaik?

Diperbarui: 24 Juni 2015   01:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Kalau boleh disamakan, motto hidup penulis mirip dengan tagline dari salah satu perusahaan elektronik dari jepang. Memang kebetulan juga penulis bekerja diperusahaan tersebut. Tagline itu adalah "Exceed Your Vision". Kalau diterjemahkan secara bebas ke bahasa indonesia berarti melebihi dari yang diharapkan. Atau dalam bahasa yang sering penulis gunakan menjadi berbuat yang terbaik.

Tentu saja penulis tidak meniru tagline tersebut karena memang dari sejak sebelum bekerja diperusahaan tersebut motto hidup itulah yang selalu dijadikan pegangan. Dan penulis juga tidak “GR” dan menganggap perusahaan tersebut mencomot motto hidup penulis sebagai tagline mereka. Hanya kebetulan saja, dan mungkin memang sudah menjadi takdir penulis untuk bekerja diperusahaan tersebut

Tagline perusahaan tersebut memang bermaksud untuk merebut hati para pelanggan yang membeli produknya. Jika pelanggan menginginkan produk yang sederhana dan berfungsi ganda, maka perusahaan membuat produk yang sederhana dan multifungsi untuk pelanggannya.

Itu salah satu contoh secara umum. Yang diincar oleh perusahaan tentu saja supaya pelanggan akan menjadikan produk yang dibelinya sebagai bahan referensi kepada orang lain. Suara pelanggan yang baik merupaan model marketing yang cukup efektif dan berbiaya murah.

Ketika harapan pelanggan telah dilampaui, tidak ada alasan baginya untuk mencoba produk dari kompetitor lain. Dengan itu, perusahaan telah menanamkam citra positif sehingga kepuasan pelanggan bisa dicapai.

Sama juga dengan motto hidup penulis, berbuat terbaik menjadi target yang ditetapkan penulis baik di kehidupan sehari-hari, lingkungan pekerjaan maupun di kehidupan pribadi. Menjadi anggota keluarga, menjadi anggota masyarakat atau menjadi anggota komunitas tertentu harus memberikan yang terbaik. Tidak elegan jika salah satunya dinomerduakan.

Karena bisa dianggap semua yang berhubungan dengan kita adalah pelanggan . Mereka tentu saja memiliki harapan dari kita. Betapa bahagianya mereka jika harapan itu bukan hanya terpenuhi, tetapi juga ditambah dengan kelebihan-kelebihan lain yang lebih berguna.

Menjadi pekerja yang baik, berusaha mengikuti peraturan perusahaan, bertanggungjawab dan menggunakan nilai tambah yang kita miliki untuk kepentingan perusahaan adalah salah satu momen exceed your vision yang bisa dilakukan.

Untuk kehidupan keluarga, menjadi ayah yang bertanggungjawab, setia, berani berkorban bagi keluarga juga termasuk didalamnya.

Jadi sejak bergabung dengan perusahaan ini sekitar 9 tahun yang lalu sampai sekarang, banyak sekali momen-momen exceed your vision yang hadir dan terlihat dilingkungan perusahaan, kelurga maupun masyarakat.

Terkadang kita kurang menyadarinya, sehingga melupakan esensi bahwa dengan berbuat yang terbaik, kita akan bisa melampaui harapan yang diinginkan oleh orang lain. Saat itu kita dapatkan, hati rasanya seperti disiram es.

Dingin, sejuk, lega dan nyaman. Mungkin inilah yang disebut banyak orang sebagai kebahagiaan.

Lippo Cikarang, 15 February 2014 20.16

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline