Lihat ke Halaman Asli

Agung Dinarjito

Seseorang yang suka menulis saja

State of The Art Dalam Akuntansi Manajemen Lanjutan dengan Contoh Penyusunan Tarif PNBP Menggunakan Akuntansi Biaya

Diperbarui: 31 Desember 2022   21:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

DOKPRI

Dosen : Prof. Dr. Apollo Daito, SE, Al, M.Si, CIFM, CIABV, CIABG // Nama Mahasiswa : Agung Dinarjito // NIM : 5121231010 // Program Doktor Ilmu Ekonomi Konsentrasi Akuntansi // Kampus Universitas Pancasila

State of The Art Dalam Akuntansi Manajemen Lanjutan Dengan Contoh Penyusunan Tarif PNBP Menggunakan Akuntansi Biaya

Hal yang penting dilakukan ketika melakukan penelitian ilmiah baik dalam menyusun skripsi, thesis ataupun disertasi adalah State of The Art (SOTA). Walaupun saya belum menyelesaikan sekolah S3, namun selama ini dalam setiap menulis penelitian, SOTA menjadi hal wajib yang harus ada.

Awalnya, saya kurang mengerti apa itu SOTA. Sebagai penggemar film Kamen Rider, pertama kali mendengar kata SOTA langsung tertuju kepada Sota Fukushi, pemeran film Kamen Rider. Ternyata SOTA yang dimaksud adalah State of the Art dalam sebuah penelitian ilmiah.

Sebagai penulis, kita harus berpikir bahwa Ilmu pengetahuan tidak bersifat statis, akan tetapi selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Ilmu pengetahun bergerak dan terus mengalami perkembangan, oleh karena itu dalam melakukan penelitian, agar tidak usang, kita harus tahu penelitian-penelitian sebelumnya untuk menghaislkan SOTA. Sebuah state of the art akan menjelaskan apa yang paling baru dari sebuah teori yang ada.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi pengalaman dalam memahami apa itu "State of the Art" atau sering disebut sebagai SOTA dalam Penyusunan Disertasi. Pengalaman berasal dari hasil review dari reviewer jurnal dan penelitian, dari para gurunda yang pernah mengajar, dari teman-teman tempat bertanya, dan dari hasil membaca dan belajar dari berbagai informasi. Apabila ada kesalahan atas penulisan ini, itu adalah murni kesalahan saya dan segala kebenaran ada pada Allah S.W.T.

SOTA dalam disertasi diharapkan mampu menjelaskan secara scientific alasan sesorang mengambil topik tertentu, permasalahan yang dikembangkan, metode penelitian yang diambil, gap yang ada, novelty, dan kontribusi pada ilmu pengetahun dan secara praktis.

Sebagai contoh untuk ilustrasi adalah seorang mahasiswa S3 mengajukan topik penelitian mengenai akuntansi manajemen di Pemerintahan dengan judul "Menyusun Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak Dengan Pendekatan Akuntansi Biaya Untuk Menciptakan Rasa Keadilan dan Tetap Memaksimalkan Penerimaan Negara". Untuk menyelesaikan disertasi tersebut, penulis minimal mampu menjelaskan beberapa hal di bawah ini secara akademik:

  • Mengapa memilih judul tersebut?
  • Apakah sudah banyak penelitian sejenis dalam 5 tahun/10 tahun terakhir?
  • Bagaimana trend penelitin sejenis terkait dengan karakteristik umum penelitian, metode penelitian, jenis penelitian, variabel yang digunakan, dan lain-lain?
  • Apakah gap yang ada di penelitian sebelumnya?
  • Apakah rekomendasi-rekomendasi dari penelitian sebelumnya?
  • Hal apa saja yang belum tercakup dari penelitian-penelitian sebelumnya?
  • Mengapa menggunakan akuntansi biaya dalam menentukan tarif PNBP? Apakah tidak bisa menggunakan model lain? Apakah kelebihan dan kekurangan dari berbagai model yang ada? Apakah dengan pendekatan tersebit dapat memaksimalkan PNBP? Bagaimana apabila dibandingkan dengan metode lain?
  • Apakah kontribusi dari penelitian-penelitian sebelumnya?
  • Apakah kontribusi yang akan membedakan dari penelitian-penelitian sebelumnya?

Hal-hal di atas, menurut saya harus mampu dijelaskan dan dijawan secara terperinci oleh setiap mahasiswa S3 ataupun oleh semua peneliti. Tidak dipungkiri, sebenanrnya banya mahasiswa S3 memiliki ide-ide penelitian yang sangat bagus, namun kesulitan untuk mengaplikasikannya. 

Mereka bingung mencari literatur untuk menghasilkan SOTA. Sebenarnya referensi atau literature dapat diperoleh dari buku, jurnal, working paper, academic report, internet, dan lain-lain. Akses sumber literature juga dapat dicari di google scholar ataupun dari sumber lain yang menyediakan ebook atau e-journal yang gratis. Pihak perpusnas juga menyediakan berbagai sumber database jurnal yang dapat diakses oleh semua pihak.

Untuk memudahkan pemahaman mengenai SOTA ini, berikut ini penjelasannya terkait definisi, mengapa membutuhkan SOTA, dan bagaimana menyusun SOTA.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline