Lihat ke Halaman Asli

Agung Budiwati

selalu berusaha belajar menjadi orang baik

Pemanfaatan Papan Pajangan Kelas sebagai Mading untuk Meningkatkan Karakter Anak

Diperbarui: 8 Februari 2024   08:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

ABSTRAK

Papan Pajangan kelas adalah papan yang digunakan untuk memamerkan hasil karya murid yang diletakkan di dalam kelas. Papan pajangan kelas yang ada di SDN Petompon 02 berbentuk papan tulis yang permukaannya ditutup oleh karpet hijau. Penutupan permukaan papan pajangan dengan karpet hijau dimaksudkan agar permukaannya lunak sehingga mudah dalam pemasangan hasil karya murid yang berupa lembaran kertas menggunakan jarum pentul.

Sedangkan majalah dinding/mading adalah artikel atau tulisan yang di rangkai menjadi majalah dinding dan biasanya dibuat dengan media kertas dan pernak-pernik serta peralatan tulis yang lain. Peralatan ataupun perlengkapan yang digunakan biasanya gunting, lem, isolasi, cutter, jarum pentul, kertas asturo, kertas lipat, pita, pensil warna, spidol dan lain-lain. 

Majalah dinding/mading pada umumnya berisi informasi berupa tulisan, gambar, serta hasta karya yang relevan dengan tema dari majalah dinding/mading yang dibuat. Informasi yang ada dalam majalah dinding/mading ditujukan kepada pembacanya yang merupakan murid kelas 6. Selain informasi yang termuat dalam majalah dinding/mading, penampilan majalah dinding/mading dibuat menarik dengan kreatifitas tinggi.

Karakter adalah kepribadian atau perilaku baik yang diharapkan muncul pada murid kelas 6C di SDN Petompon 02 Semarang yang mengacu pada karakter dalam profil pelajar pancasila. Karakter yang terkandung didalam Profil Pelajar Pancasila antara lain beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dan berahlak mulia, berkepribadian global, gotong royong, mandiri, kreatif dan bernalar kritis. 

Tujuan yang ingin dicapai dengan adanya pembuatan mading ini adalah menumbuhkan karakter pada murid terutama adalah karakter gotong royong, mandiri, kreatif dan bernalar kritis yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

Setelah melaksanakan praktik baik ini di kelas 6C penulis menyarankan agar praktik baik ini dapat juga dilaksanakan oleh kelas yang lain di lingkungan SDN Petompon 02 Kota Semarang. Hal ini karena setiap kelas memiliki papan pajangan yang sama dan sirkulasi display yang kurang.

Dokumen Pribadi

LATAR BELAKANG

Latar belakang praktik baik pemanfaatan papan pajangan kelas sebagai majalah dinding (mading) untuk menumbuhkan karakter murid kelas 6C SDN Petompon 02 Kota Semarang adalah keberadaan papan pajangan di ruang kelas yang belum optimal penggunaannya untuk menampilkan produk atau hasil karya murid. Hal ini dikarenakan tidak semua hasil karya murid dapat dipajang pada papan pajangan kelas. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline