Lihat ke Halaman Asli

Agung Han

TERVERIFIKASI

Blogger Biasa

Ngobrolin Finansial: Bukan Besaran Gaji tapi Uang yang Bisa Disimpan di Akhir Bulan

Diperbarui: 27 Mei 2024   10:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumentasi pribadi

Sore ini, di acara KETEMU - Ngobrolin Finansial ; Ketemu Sahabat Bareng Adira Financial. Saya tercerahkan, oleh pernyataan  Dwi Nopianto -- AXI Finance. Lebih kurang begini, "bukan besarnya pendapatan yang utama, tetapi berapa uang bisa disimpan di akhir bulan , setelah semua kebutuhan terpenuhi".

Seketika pikiran saya melayang, ingat sebuah berita pernah viral di medsos. Tentang seorang pekerja profesional, dengan gaji ratusan juta. Tapi anehnya, terjerat utang sampai dikejar-kejar deb colector. Saya sampai bingung, padahal bukan orang sembarangan (pintar, punya jabatan).

Selanjutnya narsum Dwi Nopianto, menjelaskan maksud penyataannya dengan lebih lanjut. Bahwa tidak salah memiliki penghasilan yang besar, tetapi sebaiknya dibarengi dengan pengelolaan keuangan yang baik.

Penghasilan besar tidak akan terasa manfatanya, kalau cicilan bulanan yang dibayar juga banyak. Kemudian masih harus membayar biaya bulanan, mengongkosi gaya hidup. Dan orang yang terbiasa dengan uang banyak, biasanya gaya hidupnya tinggi.

---

Berita viral saya spil di atas, adalah tentang seorang profesional yang -- sebut saja X -- terjerat utang. Bekerja di kantor besar dan ternama, gajinya -- setelah ditelusuri-- hingga ratusan. Logika orang awam pasti tidak masuk, termasuk saya demikian. seharusnya gaji ratusan juta, tidak mungkin kekurangan.

Usut punya usut, si X meminjam uang dengan nilai cukup besar. Untuk membangun usaha, sebagian gajinya untuk mencicil utang. Mirisnya, gaya hidup hedon tetap diterapkan. Hingga suatu saat, tidak sanggup membayar kewajiban. Pengelolaan keuangan yang berantakan, membuatnya menunggak kewajiban.

Saat kabar ini viral, nyinyiran netizen memenuhi kolom komentar. Saya yakin, belum tentu pengomentar konsisten.  Tetap dengan gaya hidup sekarang, saat memegang uang banyak. Lazimnya ego akan menuntut dipuaskan, ketika sedang berkelebihan. Dan akhirnya, bisa menjerumuskan diri sendiri.

Ngobrolin Finansial ; Bukan Besaran Gaji tapi Uang yang Bisa Disimpan di Akhir Bulan

Input sumber gambar

Jujurly, saya seneng banget bergabung di acara Gathering Adira Finance X Kompasiana sore ini. Kesempatan kopdar, dengan teman-teman Kompasianer's. Mengingat sudah lama, kami tidak disatukan di kegiatan offline.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline