Lihat ke Halaman Asli

Agung Han

TERVERIFIKASI

Blogger Biasa

Perubahan Besar Dimulai dari Perubahan Kecil dan Terus Menerus

Diperbarui: 28 Agustus 2016   06:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cover Buku : 25 Tahun perjalanan QCC Toyota Indonesia, Perubahan Tiada Henti - membangun Manusia Sebelum Membuat Produk -dokpri-

"ide-ide perbaikan dalam kaizen mungkin saja bukan ide besar yang dapat merubah keadaan secara drastis. Banyak ide kecil, ide sederhana yang dgulirkan secara terus menerus akhirnya dapat membawa perubahan besar. Proses dan semangat kaizen yang terus menerus ini pada jangka panjang membuahkan banyak sekali perbaikan"Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur PT. TMMIN

Membaca kalimat diatas, saya jadi ingat sebuah kisah inspiratif. Sang ayah mengajari anaknya, untuk belajar merapikan selimut usai bangun tidur. Kemudian setelah seminggu berlalu, sang ayah melihat anaknya sudah pandai melipat selimut dengan baik. Kemudian diajari merapikan sprei dan bantal, setiap kali selesai melipat selimut.

Akirnya bisa dibayangkan, dalam beberapa waktu kemudian si anak cekatan merapikan tempat tidur. Tentu hal ini dilanjutkan ayah baik hati, mengajari anaknya menyapu lantai, membenahi tanaman dan sebagainya. Perubahan harus dilakukan dari yang kecil secara bertahap, sampai si pelaku tanpa sadar melakukan perubahan.

Perubahan tiada henti secara konsisten, adalah kunci Toyota Indonesia memberikan kontribusi bagi perkembangan industri otomatif di Indonesia. Kunci yang menjadi Toyota bisa besar adalah QCC atau Quality control Circel.

QCC adalah semangat, yang didukung dan diaplikasikan Toyota. Semangat untuk terus berubah, dimulai dari perubahan hal kecil namun secara kontinyu. Buku Perubahan Tiada Henti, berisi bagaiamana  25 tahun Toyota Indonesia membangun QCC. Selain itu juga bagaimana Toyota, membangun SDM Indonesia melalui Kaizennya.

Apa itu Kaizen ?

 Adalah suatu sistem perbaikan terus menerus pada kualitas, teknologi, proses, budaya perusahaan, produktifitas, keselamatan dan kepemimpinan.

Kaizen dilakukan dengan menggunakan perangkat kendali mutu yang dikenal dengan QCC dengan menggunakan 8 steps dan tools perubahan kecil yang dilakukan terus menerus.

Perubahan sederhana dan dalam keseharian di kantor Toyota, contohnya adalah kebiasaan di toilet wanita. Biasanya perempuan menekan flus (untuk menyentor toilet) dua kali, konon kurang PD hanya sekali tekan. Hal ini langsung dirubah, mengingat sekali tekan flus toilet sudah bersih.

Di Balik Buku

Tahukah kawan's !

Setelah kebisaan sekali tekan diterapkan dengan konsisten, hasil nyata langsung terlihat. Terutama dari angka meteran air, ternyata sangat berdampak dari sisi penghematan. Berkat merubah kebiasaan tekan flus 2 kali menjadi sekali, mampu menghemat 12 juta per bulan (Luar Biasa Kan).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline