Lihat ke Halaman Asli

Imery Wata

Student

Leadership Means Leading Change

Diperbarui: 19 Desember 2021   23:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

LEADERSHIP MEANS LEADING CHANGE 

Tugas pemimpin adalah memastikan organisasi berubah sesuai kebutuhan untuk menanggapi ancaman, peluang, atau perubahan di lingkungan. Pemimpin harus membantu orang melihat perlunya perubahan dan harus memiliki cara baru dalam melakukan sesuatu. 

Perubahan harus dilakukan apabila suatu organisasi ingin bertahan dan berkembang di zaman yang selalu mengalami perubahan ini, dan mengharuskan para pemimpin di semua organisasi untuk melihat kembali bagaimana mereka melakukan bisnis. 

Gejolak tidak hanya menekan pemimpin untuk memikirkan kembali ekonomi bisnis mereka tetapi juga membawa perubahan dalam sikap sosial yang memerlukan tanggapan kepemimpinan baru.

Resistance Is Real 

Suatu program perubahaan juga selalu tidak berhasil, salah satu masalah penting yang mengakibatkan perubahan tidak berjalan sesuai yang diinginkan adalah banyak orang yang menolak akan terjadinya perubahaan. Pemimpin harus siap menghadapi perlawanan dan harus menemukan cara untuk memungkinkan orang melihat nilai dalam perubahan yang diperlukan agar organisasi berhasil. Pemimpin harus menyusun strategi agar dapat meyakinkan orang akan perubahan yang akan terjadi.

The Leader as Change Agent 

Perubahan tidak terjadi dengan mudah, tetapi pemimpin yang baik dapat memfasilitasi perubahan yang diperlukan untuk membantu organisasi beradaptasi dengan ancaman eksternal dan peluang baru. Bagi orang-orang di seluruh organisasi untuk melihat perubahan sebagai hal yang positif dan alami, mereka membutuhkan pemimpin yang menjadi panutan untuk perubahan dan memberikan motivasi dan komunikasi untuk menjaga upaya perubahan terus bergerak maju. Penelitian telah mengidentifikasi beberapa karakteristik kunci dari pemimpin yang dapat menyelesaikan proyek perubahan yang sukses:

* Mereka mendefinisikan diri mereka sebagai pemimpin perubahan dan bukan sebagai orang yang ingin mempertahankan status.
* Mereka menunjukkan keberanian.
* Mereka percaya pada kapasitas karyawan untuk memikul tanggung jawab.
* Mereka dapat mengasimilasi dan mengartikulasikan nilai-nilai yang mendorong kemampuan beradaptasi.
* Mereka mengenali dan belajar dari kesalahan mereka sendiri.
* Mereka mampu mengelola kompleksitas, ketidakpastian, dan ambiguitas.
* Mereka memiliki visi dan dapat menggambarkan visi mereka untuk masa depan dengan jelas.

A Framework to Change

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline