Lihat ke Halaman Asli

Agnia Melani

mahasiswa semester 3

Peran Customer Relationship dalam Bisnis

Diperbarui: 8 Oktober 2024   21:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Peran customer Relationship Dalam Bisnis.

Menjaga hubungan baik dengan customer nerupakan suatu kewajiban dalam sebuah bisnis.Karena customer atau pelanggan merupan aset penting bagi bisnis. Bisnis akan berkembang berkat adanya pelanggan. maka dari itu, sangat penting bagi anda sebagai pelaku bisnis atau pemilik bisnis untuk mengetahui tentang customer relationship.

keberadaan pelanggan sangatlah penting. Oleh karena itu, bagi setiap pebisnis diharapkan dapat membangun hubungan yang baik dengan pelanggannya. caranya, dengan berkomunikasi yang baik sehingga dapat menarik konsumen untuk melakukan pembelian kembali.

Memang terlihat sangat sulit, tetapi membangun hubungan pelanggan yang baik merupakan hal yang sangat penting. Dengan adanya hubungan pelanggan yang baik, bisnis anda dapat membuat perusahaan menjadi lebih baik dalam hal peningkatan kualitas produk, peluncur produk terbaru, serta dalam hal pelayanan kepada pelanggan.

Apa itu Customer Relationship?

customer relationship adalah strategi pemasaran terbaik dalam mempertahankan klien, konsumen, atau pelanggan yang telah ada dengan cara mengelola agar melakukan pembelian berulang, sehingga konsumen tidak akan lari ke kompetitor.

Pengelolaan konsumen yang telah ada dalam daftar pelanggan suatu perusahaan dipastikan harus selalu optimal. Semakin bertambah jumlah pelanggan maka akan semakin baik untuk perkembangan bisnisnya. Hal tersebut merupakan salah satu ciri bahwa pengelolaan konsumen dalam suatu bisnis sudah efisien. 

persaingan dalam bisnis sangat kompetitif, makan dari itu sangat penting meluncurkan produk yang lebih unggul dibandingkan dengan kompetitot agar dapat memuaskan pelanggan yang telah ada.

Pembangunan hubungan dengan pelanggan ini bisa berupa bentuk penyediaan fasilitas informasi yang lebih lengkap untuk konsumen. Dari informasi tersebut, perusahaan dapat mendengar keluhan konsumen, serta berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada konsumen. 

Penyediaan fasilitas informasi merupakan cara agar terhubung dengan konsumen serta membangun kedekatan dengan customer lebih erat. Hal tersebut merupakan bentuk lain dari menjalin hubungan dengan pelanggan. Informasi yang didapat dari konsumen itulah merupakan gerbang awal perusahaan dapat berkembang. 

Mengapa Menjaga Customer Relationship itu sangat penting?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline