Lihat ke Halaman Asli

Agnia intan putri guntara

Mahasiswa Universitas Kebangsaan Republik Indonesia

Binong Sebagai Sentra Rajut, Surganya Rajutan di Kota Bandung

Diperbarui: 17 Januari 2023   05:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Sentra Rajut Binong bertempat di kawasan Ibrahim Adjie atau Kiaracondong, tempatnya ada di tengah-tengah Kota Bandung. Dari sini produk-produk pakaian berbahan rajut memasok pasar pakaian terbesar di berbagai kota di Indonesia.

Lebih dari 300 pengrajin rajut ada di kawasan ini, yang tersebar di 10 RW yang mempekerjakan lebih dari 1000 tenaga kerja,Oleh karenanya tempat ini disebut Sentra Rajut Binong.

Mereka sudah memulai usaha di bidang ini dari tahun 1970-an, Namun nama Sentra Rajut Binong ini baru diresmikan pada tahun 2015, disaat sebelumnya presiden Jokowi datang ke Sentra Rajut Binong.

Deru suara mesin rajut terdengar nyaring disepanjang jalan binong jati yang adalah kawasan padat penduduk ini. Setiap harinya ratusan mesin manual ini dapat menghasilkan banyak sekali lembaran kain rajut, Untuk kemudian dijadikan produk fashion rajut berbagai model, baik kebutuhan seragam anak-anak, sekolah, cardigan, sweater, dan masih banyak model lainnya.

Disini para pengrajin kompak dalam produksi dan jika ada keterbatasan di suatu rumah produksi, Maka yang lain akan siap sedia membantunya dengan cara menampunya.

Inilah yang menjadi kekuatan bagi Sentra Rajut Binong, meskipun banyak kendala fasilitas, para pengrajin sudah canggih dengan mengelola sosial medianya menjadi daya tarik




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline