Lihat ke Halaman Asli

Agnesyasa Dwi

Mahasiswa

Perkembangan Anak pada Masa Pra-Sekolah (3-6 Tahun)

Diperbarui: 30 Oktober 2023   16:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber pribadi

   Kami dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, fakultas Psikologi angkatan 2023 dengan mata kuliah Psikologi Perkembangan. Nama anggota Agnesya Dwi Septya Yudha, Dina Novi Alysia, Ferdianto Hari Pratama, Oktavia Salsabila.

   Pada tanggal 26 Oktober 2023, di KB-TK Zainuddin, kami melakukan pemahaman kepada guru dan edukasi kepada anak-anak TK dengan berbagai permainan. Dengan dosen kami yaitu ibu Sayidah Aulia Ul Haque, M. Psi., Psikolog. Tujuan dari permainan yang mengedukasi ini adalah melatih dari segi perkembangan motorik, perkembangan kognitif, juga ketangkasan, kreativitas pada anak untuk masa persiapannya.

Kami para mahasiswa melakukan edukasi contohnya game estafet gelas dengan batang sumpit, memindahkan bola dari kertas ke kertas, menebak dan menyebutkan nama-nama hewan. Edukasi dengan game ini memberi manfaat untuk mengambang motorik dan kognitif dengan usia pada anak-anak tersebut.

sumber gambar pribadi

Alasan mengapa kegiatan ini mengedukasi guru juga ialah untuk mengoptimalkan media kegiatan proses pembelajaran dengan game sesuai pada umur anak TK yaitu mengasah motorik dan kognitif pada anak. Seperti ini anak akan enjoy, tidak bosan juga dan lebih mudah untuk mau sekolah karna memiliki kesan tersendiri untuk anak TK.

 sumber gambar pribadi

Harapan kami mahasiswa setelah kegiatan edukasi ini anak-anak terus meningkat kemampuannya (berfikir, berhitung, ketangkasan,kreatifitas pada usia mereka), sehingga tidak mempengaruhi proses pembelajaran selanjutnya pada usia setelah TK. Juga pada kegiatan ini guru-guru berpendapat bahwa sangat mensuport atas pelaksanaan sosialisasi ini (sangat bermanfaat bagi anak-anak dan guru dalam proses tersebut).

sumber gambar pribadi 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline