Lihat ke Halaman Asli

Teori Lev Vygotsky dan piage tentang perkembangan sosial dan kognitif

Diperbarui: 19 Januari 2025   19:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Lev Vygotsky : Teori Sosiokultural

Vygotsky menekankan bahwa perkembangan kognitif seseorang sangat dipengaruhi oleh interaksi sosial dan budaya . Teorinya sering disebut teori sosiokultural , dengan poin-poin penting berikut:

Zona Perkembangan Proksimal (ZPD)

ZPD adalah jarak antara apa yang dapat dilakukan anak secara mandiri dan apa yang dapat dicapai dengan bantuan orang lain (seperti guru atau teman sebaya).

Bantuan disebut scaffolding , bimbingan yaitu bimbingan sementara yang diberikan hingga anak mampu menyelesaikan tugasnya sendiri.

Bahasa sebagai Alat Penting

Bahasa adalah kunci dalam perkembangan kognitif karena memungkinkan anak untuk berpikir secara lebih kompleks dan berbagi ide dengan orang lain.

Pemikiran internal (inner Speech) berkembang dari percakapan sosial.

Interaksi Sosial

Anak belajar melalui interaksi dengan orang yang lebih ahli, seperti orang dewasa atau teman yang lebih kompeten.

Contoh:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline