Lihat ke Halaman Asli

Agnes Clarisa M

Mahasiswa Atma Jaya Yogyakarta

Pengaruh Lingkungan Ekternal & Budaya Organisasi

Diperbarui: 28 Maret 2024   01:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

quora.com

Budaya Organisasi merupakan Nilai-nilai dan norma yang dianut dan dijalankan oleh sebuah organisasi terkait dengan lingkungan di mana organisasi tersebut menjalankan kegiatannya.Budaya organisasi merupakan "apa yang dirasakan, apa yang diyakini, dan apa yang dijalani" oleh sebuah organisasi. 

ilmu manajemen menjelaskan pentingnya lingkungan dan budaya organisasi yang merupakan salah satu cara para manajer melakukan aktivitas manajemennya untuk mencapai tujuannya dan beradaptasi dengan lingkungan organasi. Akibat perubahan-perubahan lingkungan yang menimbulkan ketidakpastian bagi para manajer. 

Seorang Manajer pada dasarnya tidak hanya memusatkan perhatiannya hanya pada lingkungan internal saja tetapi ,juga harus memahami bahwa lingkungan eksternal  juga sangat berpengaruh pada sebuah organisasi yang di kelolanya. Oleh karna itu, seorang manajer juga harus mengidentifikasi, menganalisa, mengevakuasi, mendiagnosa dan bereaksi terhadap kekuatan – kekuatan lingkungan, baik berupa kesempatan, resiko maupun ancaman  yang mempunyai pengaruh terhadap operasi organisasi

Lingkungan Eksternal Organisasi

Lingkungan organisasi adalah semua elemen di dalam maupun di luar organisasi yang dapat mempengaruhi sebagian atau keseluruhan suatu organisasi. lingkungan eksternal.Lingkungan eksternal dibagi dua yaitu yang berpengaruh langsung dan tidak langsung.


Lingkungan eksternal.

Definisi lingkungan eksternal adalah sebagai berikut:

  • Chuck Williams, (2001:51) menjelaskan bahwa lingkungan eksternal adalah semua kejadian di luar organisasi yang memiliki potensi untuk mempengaruhi perusahaan.Lingkungan eksternal dibagi menjadi

a) lingkungan khusus

b) lingkungan umum

c) lingkungan yang berubah.

  • T. Hani Handoko (1999:62) mengatakan bahwa lingkungan eksternal terdiri dari unsur-unsur diluar organisasi yang sebagian besar tak dapat dikendalikan dan berpengaruh dalam pembuatan keputusan oleh manajer. Lingkungan ekternal di bagi menjadi lingkungan eksternal mikro dan lingkungan eksternal makro.

Contoh

Berpengarh langsung adalah organisasi pesaing, pemasok komunitas lokal, konsumen, NGO dan lainnya. Sedangkan untuk contoh lingkungan eksternal yang tidak berpengaruh langsung adalah kondisi politik, ekonomi dan sosial. Lingkungan secara umum yang harus dianalisis kekuatannya oleh manajer karena mempengaruhi pembuat keputusan dan Perencanaan adalah kekuatan teknologi,Ekonomi, demografi, sosial budaya serta politik dan hukum.

Faktor Eksternal Organisasi

Faktor eksternal terdiri atas unsur-Unsur yang berada di luar organisasi, dimana unsur-unsur ini tidak dapat dikendalikan dan diketahui terlebih dahulu dahul oleh manajer,Disamping itu juga akan mempengaruhi Manajer di dalam pengambilan keputusan yang akan dibuat. Faktor eksternal organisasi yaitu:

  • perubahan perekonomian
  • Peraturan pemerintah
  • perilaku konsumen atau masyarakat
  • perkembangan teknologi
  • politik dan lain sebagainya. 

Jenis Lingkungan Eksternal

  • Pelanggan

Adalah mereka yang secara langsung memanfaatkan, menggunakan, dan mengajukan permintaan atas barang atau jasa yang ditawarkan oleh organisasi.

  • Pesaing

Organisasi bisnis lain yang menjalankan bisnis yang sama dengan organisasi yang kita jalankan. Karena bisnis yang dijalankan sama, maka pesaing merupakan tantangan (sekaligus ancaman) yang dihadapi organisasi dalam meraih pelanggan

  • Pemasok

Adalah pihak yang terkait langsung dalam kegiatan bisnis dari sebuah organisasi, khususnya organisasi bisnis yang melakukan kegiatan produksi barang jadi dari berbagai jenis bahan baku.

  • Regulator

Adalah pihak-pihak yang berkepentingan dalam menciptakan keadaan dan kegiatan bisnis yang adil dan aman bagi semua pihak yang ingin menjalankan bisnis

  • Strategi Mitra

Adalah perusahaan lain yang menjalankan bisnis berbeda dengan perusahaan kita, akan tetapi dapat secara bersama-sama menjadi mitra kita dalam menjalankan bisnis yang saling menguntungkan kedua belah pihak

  • Pemerintah

Adalah pihak yang atas legitimasi politik tertentu di suatu negara, diangkat dan bertugas untuk mewujudkan masyarakat ke arah yang lebih baik dalam pembangunan di segala bidang




Kesimpulan budaya organisasi dan lingkungan eksternal saling berhubungan dan penting dalam manajemen organisasi. Budaya organisasi mencerminkan nilai dan norma Eksternal, sementara lingkungan eksternal mencakup faktor-faktor di luar kontrol organisasi yang dapat mempengaruhi kinerja dan keputusan. Manajer harus memahami dan merespons baik budaya organisasi maupun lingkungan eksternal untuk mencapai tujuan organisasi.

sumber:

Ernie Tisnawati Sule Kurniawan Saefullah, (2013), Pengantar Manajemen.

https://stieb-perdanamandiri.ac.id/media/Jurnal/2018/Jurnal%202018_Marhumi.pdf




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline